Tuesday, May 2, 2017

Manfaat Minyak Kemiri - Personal Experience


Jadi ceritanya beberapa waktu lalu saya iseng beli minyak kemiri buat dipakein ke anak saya. Anak saya itu pas baru lahir rambutnya lumayan lebat, tapi semakin hari malah jadi makin tipis karena rontok. Banyak yang bilang itu karena rambutnya ganti sama yang baru. Nah, biar rambutnya lebat kembali saya pun beli minyak kemiri buat dipakein di kepala anak saya.

Sebenarnya minyak kemiri ini khasiatnya udah terkenal sejak lama. Saya dulu pun dipakein minyak kemiri sama ibu saya. Seiring bertambahnya usia, saya pun malas untuk pakai minyak kemiri lagi sebagai penyubur rambut karena rasanya nggak praktis.

Just for your information, kemiri ini adalah tanaman yang tersebar di daerah-daerah tropis dan terkenal banyak banget manfaatnya. Bahkan tanaman kemiri ini sudah jadi tanaman nasional di Hawaii. Di Indonesia, selain sebagai bagian dari bumbu dapur, ya minyak dari bijinya biasa dipakai buat menyuburkan, menghitamkan rambut, mencegah kebotakan dan menebalkan rambut. Bahkan konon minyak kemiri juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit wajah, lho.  Minyak kemiri mengandung asam lemak yang kaya manfaat buat tubuh manusia, seperti asam oleic, asam linoleic dan asam linolenic.

Pertanyaannya, apakah minyak kemiri emang bener-bener ampuh?

Percaya nggak percaya, ternyata minyak kemiri lumayan bisa mempercepat pertumbuhan rambut lho! Kelihatan banget dengan pemakaian yang rutin dan telaten, rambut anak saya tumbuh lebih lebat dari sebelumnya. Bagian alis anak saya yang saya olesin juga sekarang udah keliatan lebih tebal dari sebelumnya. Saya sendiri juga sempat ikutan nyobain dan terasa banget ada anak-anak rambut mulai tumbuh di area garis di atas dahi dan dekat telinga saya padahal sebelumnya area tersebut agak botak (hiks). Sayangnya karena bentuknya minyak yang agak berat, suka malas buat aplikasiinnya, haha. Saya yakin sih kalau telaten dipakai pasti membuahkan hasil, apalagi ini kan natural ya jadi hasilnya pasti nggak instan.

Minyak kemiri bisa banget kamu coba kalau rambut kamu tipis atau lagi rontok sebagai alternatif penyubur rambut yang minim efek samping karena bahannya kan alami. Emang sih keberhasilan pemakaian di orang berbeda-beda, tapi karena harganya sangat terjangkau ya nggak ada salahnya kan, nyoba. Minyak ini juga alami jadi nggak perlu takut sama efek sampingnya kayak kalo pake produk-produk kimia sintetis.  Kalau malas beli dan hobi DIY di rumah, kamu bisa coba bikin sendiri minyak kemirinya dengan cara menyangrai atau membakar kemirinya, lalu ditumbuk agar minyaknya keluar. Selain lebih hemat, kamu juga bisa bikin stok sendiri di rumah dengan bahan yang sudah terjamin pasti alami dan aman. 

Kalau suka yang praktis, ada banyak pilihan minyak kemiri atau ekstrak kemiri yang dijual offline ataupun online sekarang. Agar manfaat maksimal, pastikan kamu cobain minyak kemiri yang 100% ekstraknya dan tanpa tambahan bahan lain seperti pewangi.

Ada yang pernah coba eksperimen dengan minyak kemiri juga? 

Please share your experience on the comment box, loves:)

4 comments:

  1. kalo saya dulu suka diberi minyak urang aring sama ibu saya :) dan skrg, utk anak saya, saya kasih VCO :) Minyak kemiri memang sudah terkenal baik buat pertumbuhan rambut ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa inya minyak urang-aring dulu jg sering yaa :)
      kebetulan minyak kemiri cocok nih sama anak saya jadi sementara pake itu dulu hehe

      Delete
  2. Kalau dulu waktu kecil ibu sering banget ngolesin gerusan kemiri bakar + minyak kelapa gegara rambut saya cuma 5. Terus rambut saya jadi subur dan item banget. Sempet nyobain minyak kemiri botolan beli di toko, tapi saya sering kelewat mager buat memakainya rutin.
    Sekarang saya kalau keramas pakai semacam shampoo dari kemiri dan air merang. Rambut jadi kuat, halus, dan enak banget rasanya.
    Pokoknya kemiri itu sahabat rambut saya banget wkwkwk
    Salam kenal juga ya!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii wah mantap dong yah...ramuannya hehe. Maunya jg yg alami gt tp repot gada waktu lol. Salam kenal jg thanks uda main sini yaa

      Delete

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...