Saturday, June 21, 2014

{Weekly Tips} Segar dengan Bedak Basah Khas Kalimantan! - Traditional Rice Mask


Halooo :D
Berhubung sekarang saya banyak waktu luang, 
jadi saya sekarang udah bisa kembali lebih intens nulis blog :3
Kali ini saya mau cerita-cerita sedikit tentang produk kecantikan andalan  cewek-cewek Kalimantan, yaitu bedak basah.

Ada yang pernah denger atau malah sudah pernah pake bedak basah asal Kalimantan?
Masyarakat Dayak maupun Melayu yang tinggal di Kalimantan udah sangat biasa pake bedak basah. Saya juga suka banget pake bedak ini, baik yang bikin sendiri maupun yang dijual di pasar-pasar tradisional.

Ini dia bentuknya buat kamu yang penasaran :


Setahu saya yang namanya bedak basah ini bukan barang baru di Indonesia. 
Di Jawa ada, di pulai-pulau lain ada, pokoknya rata-rata punya 'masker' alami ini dengan varian bahan yang tergantung sama rahasia kecantikan masing-masing daerah. 
Berhubung saya cewek Kalimantan Tengah asli Dayak Ngaju, kali ini saya mau berbagi sedikit tentang bedak basah atau bahasa kerennya 'kasai bisa' khas Kalimantan :)


Sebenarnya masing-masing daerah punya bahan alami andalan sendiri dengan 
beras sebagai bahan utamanya. 
Mama saya dulu suka bikin bedak basah atau bedak dingin sendiri 
dengan bahan-bahan seperti anggrek, buah pinang muda, daun pegagan atau bunga tanjung dicampur sama beras kalimantan yang sudah
 direndam air sampe mudah hancur (nggak keras lagi). 

Penduduk Kalimantan emang udah sangat familiar sama 
bedak basah ini, nggak tua nggak muda, cowok cewek semua bisa pake. 
Nyarinya pun gampang, kalo lagi males meramu-ramu sendiri 
ya tinggal ke pasar atau ke warung terdekat. 
Biasanya bedak basah ini digunakan warga Kalimantan saat mau 
pergi memancing atau berpanas-panasan di ladang biar kulitnya tetap terlindungi. 
Kalau sekarang di cewek-ceweknya udah biasa pake siang-siang di rumah, 
katanya biar ngademin kulit atau ngembaliin warna kulit 
yang suka gosong kena teriknya matahari yang panasnya 
makjes banget disini hahaha :D


Yang lagi saya pake belakangan ini adalah produk tradisional yang saya beli di pasar, bedak basah bunga tanjung buatan Kalimantan Selatan. 
FYI, cewek-cewek Banjar dari Kalimantan Selatan juga gandrung banget lho pake bedak basah gini (buatan sendiri atau beli juga). 
Makanya kulit mereka kebanyakan jadi halus dan cerah. 
Saya biasanya pakenya ya siang-siang pas matahari lagi ganas-ganasnya di luar rumah. 
Adem banget rasanya dan emang bener lho, ini pas banget buat kamu yang sunburn atau yang kulitnya gosong kena terik matahari. 

Dulu pas masih di Yogya saya hobi banget pake ini di kost
 sampe temen-temen juga jadi ikut latah pake. 
Dulu saya bagi-bagi ke temen sampe stok sendiri sering menipis haha. 
Susah banget nyarinya di Jogja karena biasa yang dijual di tempat kayak Mirota Batik 
itu khas Jawa yang bau ramuannya agak menyengat buat saya. 
Yah soal preference aja sih ya :)
 Saya lebih sukanya yang bau bunga-bunga begini :)
Saya dulu juga pernah lho iseng mau bikin bedak basah kalimantan sendiri di kost. 
Hasilnya? Kayak bubur ketan -__-a hahaha 
Soalnya waktu itu saya salah pake bubur.
Soalnya berasnya bagusan pake yang nggak pulen, kayak beras di Kalimantan. 


Bedak basah ini sebenarnya sangat mudah dibuat sendiri. 
Mama saya dulu sudah biasa dulu bikin sendiri dengan ramuan khas turun temurun nenek moyang,
 cuma sekarang udah jarang karena sibuk dan anak-anaknya juga lebih suka beli 
yang udah jadi ketimbang pake yang kudu diulek-ulek dulu hahaha *malas mode on*. 

Bahannya apa aja sih? 
Gampang banget lho. Bahan utamanya adalah beras Kalimantan, beras yang nggak pulen. 
Direndam dalam air sampe mudah hancur, sekitar 4-7 hari. 
Bisa disimpan di kulkas buat nambah efek seger dan biar nggak bau asem. 
Airnya juga diganti terus biar berasnya nggak busuk. 
Biasa kalo udah siap diulek, bisa dicampur bahan-bahan kayak yang udah saya sebut tadi. 
Yang paling ampuh buat ngencangin kulit muka adalah pinang muda. 
Itu lho, pinang yang masih kecil dan kulitnya masih hijau :)
Itu dulu saya pake pas SMP, jerawat semua pada lenyap kaburrr. 
Cuma pas pertama pake rasanya muka guatel buanget. 
Lama-lama habis terbiasa, udah kebal dan nggak gatal lagi. 

Selain itu, bahan campurannya bisa pake bengkoang yang udah tersohor banget bisa mengembalikan warna asli kulit dan mencerahkan. 
Bengkuang emang juara deh, saya nggak bohong haha :D

Nah kembali lagi lagi ya, ke bedak basah yang sekarang lagi saya pake. 
Bedak basah bunga tanjung ini baunya agak aneh, bau bunga tapi kayak sedikitt bau apek dikit. Cuma dikit. 
Nggak mengganggu kok. Ini adalah versi bedak basah produksi. 
Biasa dibuat massal lalu dibulet-buletin terus dijemur biar kering dan awet. 

Cara pakainya super mudah. 
Ambil 2-3 butir tergantung berapa lebar muka Anda (saya mah mukanya lebar jadi bisa mpe 4 butir) terus dilarutkan sama air bersih, terserah mateng apa mentah. 
Setelah hancur, balurkan di muka yang sudah kering dan bersih. 
Diamkan sesukamu terus bilas deh. Nggak kayak masker yang biasa cuma dipake 15-20 menit, ini bisa dipake selama yang kamu mau.
Oh ya pakenya bisa di wajah aja atau seluruh tubuh ya.
Saya biasa pake siang sebelum tidur siang. Bangun tidur, tinggal bilas sambil mandi deh :)

Manfaatnya apa aja sih?
+ Mencerahkan kulit wajah
+ Membersihkan kulit wajah
+ Mengencangkan kulit wajah
+ Mengurangi gatal-gatal digigit nyamuk atau iritasi
+ Mengurangi / menyamarkan bekas jerawat / bekas luka
+ Mendinginkan kulit 
+ Mengendalikan minyak di wajah sekaligus melembabkan
+ Berbahan dasar alami jadi pakenya bebas waswas
+ dan banyak manfaat lainnya tergantung bahan tambahan berasnya apa :)

Produk alami begini bagus banget buat siapa aja bahkan buat sensitif kayak kulit saya. 
Soalnya ya bahannya alami jadi bebas bahan kimia~ Asyik kan? 
Harga murah meriah dan manfaatnya luar biasa. 
Indonesia emang kaya banget sama rempah-rempah, kamu bisa manfaatkan itu semua sesuai kebutuhan. Kadang ada juga bedak basah yang pake kunyit atau daun tertentu jadi warnanya kuning. 
Saya sih kurang suka yang berwarna karena malas ninggalin noda di baju, hahaha :p

Kemanapun saya pergi, saya akan dengan selalu bangga ngenalin produk ini sebagai skincare alami andalan cewek-cewek Kalimantan, khususnya Dayak Ngaju kayak saya :3



Muka saya sebelum cuci muka, tanpa make up apapun :) 
Sebelum tidur siang, siap pake bedak basah~


Pastikan kamu cuci muka dulu sebelum pake bedak basah ya,
 biar manfaatnya bisa menyerap sempurna dan nggak malah nyumbat pori-pori 
karena tercambur debu dan keringat :)


Segar banget! 
Cantik nggak harus selalu mahal dan beli produk-produk luar negeri. 
Cantik juga bisa dengan memanfaatkan kekayaan alam negeri kita
sendiri, buatnya gampang bahannya murah dan tentunya melestarikan 
budaya khas tempat asal kita.

Adakah teman-teman yang suka juga sama bedak basah? 
Bedak basah apa yang pernah kamu coba?
Punya bedak basah andalan tempat asal kamu juga? 
Cerita dong :)

Good newssss xD
 Sekarang kamu bisa order via Line : j1hyeon
FOLLOW INSTAGRAM : lovelyangelinstore
Happy shopping♡♡♡

Thank you for reading and see you on the next post! 
Mwah!

Raisa Angelin

Photobucket

31 comments:

  1. Pupur dingin… masih kecil suka ikut pake sampe d buatin khusus satu botol… plg suka pake klo lg panas muka jd dingin banget.

    Salam kenal

    Shantyhuang.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh satu botol? Jadi kayak lulur gitu ya?
      Iya emang enak, jadi dingin :D
      Salam kenal juga Shanty ^^

      Delete
  2. Aq wkt kecil sering pakeee say, secara org Banjarmasin jg hehe... smp skrg masih punya yg bentuknya dah cair dalem botol nih cm sering lupa pake hehehe... wanginya itu loh, nostalgic bener...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mindyy :D
      Wah kalo orang Banjarmasing pasti udah nggak asing lagi dong ya :3
      Wanginya paling ngangenin itu yang homemade hihi :3

      Delete
  3. Wah baru tau ada bedak basah ,harus coba nih,bener banget harus melestarikan budaya bangsa
    Wah top banget deh

    Angiebeautydiaries.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ayuk dicoba :3
      Salam kenal ya Patricia ^^v

      Delete
  4. Kalau di Bali jaman nenek dulu sering bikin racikan sendiri bahan2nya beras diulek gitu terus langsung dibaur ke wajah makaknya nenek2 dulu pada awet2 semua ๐Ÿ˜‚
    www.akucantikkk.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wii belom pernah coba yang racikan dari Balii :D Mau donggg ^^

      Delete
  5. aq dri kalteng jg kak, cuman aku baru tau fungsi dri "pupur basah" tuh ini sebener2nya :V hihi... thx infonya kak ... slm knal ^^

    vera-beautycorner.tk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Veraa :D Salam kenal ~
      Wih ada blogger dari Kalteng juga? Gathering dong harusnya kita, haha ^^

      Delete
    2. :D hehe...
      boleh kak nnti kpn2 ^^
      malu sih ahahah... :D

      oh iya kalo boleh follback gfc aq ya kak ^^

      Delete
  6. Aku suka banget bedak basah, sampe sekarang masih setia sama Saripohatji. Gara2 pake itu jadi berkurang jerawat nya :D
    Produk lokal emang banyak yg bagus2, harganya juga murah :)
    Thanks for the review!

    xx
    http://felishmichelle.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah toss dulu dong kalo gitu :D
      Betull selain pake produk luar, produk lokal yang alami juga kudu dilestarikan ya ^^

      Delete
  7. Reviewnya luar biasa.. Suka banget baca semua yg berbau traditional.. Product begini nih yah yang perlu dilestarikan..

    ReplyDelete
  8. Baru tau ada bedak basah hihi kyknya harus cobain :D

    btw, I've followed your blog, mind to follow me back? ^^
    pinkuroom.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cobain xD
      sure, i'm going to follow you back <3

      Delete
  9. waaaa aku juga pake merk ini, tapi yang warnanya kuning hehehe :D
    bikin kulit adem dan halus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya beli di mana? Orang kalimantan juga kah? :D

      Delete
    2. aku beli di warung deket rumah ku, yg putih ada juga sih tapi aku lebih suka yg kuning hehe. Iyaaa aku orang kalsel :D. Btw boleh gak pake masker ini setiap hari ?

      Delete
  10. Aku baru tau ada bedak basah gini, pdhl tinggal di kampung dulu. Mybe ini yg dibilang org kampungku 'bedak beras' kali ya. Penasaran mau coba juga

    esybabsy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya dulu emang tinggal daerah mana sis? :D

      Delete
  11. wah racuuuunnn.. aku penggemar skincare tradisional seperti ini jadi pengen nyobain ^^
    temen-temenku yang dari kalimantan (terutama yang cewek) pasti pada punya bedak dingin di rak skincare nya.. dan aku lihat sih kulitnya pada mulus-mulus dan cerah-cerah *envyyyy* :D

    ReplyDelete
  12. Halo salam kenal ^^. Wah pupur dingin nih heheh, aku ada banyak stock di rumah, tapi belum tau cara makenya gimana. Iya memang lebih bagus daripada yang sudah jadi. Org banjar ya ? aku juga tinggal di banjarmasin heheh tks for sharing ya...

    mind to follow back ?
    lyl-s.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Halo salam kenal juga :)
    Gampang kok cara pakenya, enak tuh kl byk stoknya :3
    Bukan, aku orang Dayak tinggal d Palangka Raya sis ^^

    ReplyDelete
  14. Kk bisa pesen gak?? Please aku org Kalimantan juga,, tapi udah pindah ke Jawa, bisa gak kk order bedak basah nya?? Pleseeeee disini susah bgt nyari nya kk... :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udh pesen kan? hehe semoga cocok ya :D

      Delete
  15. Aku pake yg kuning, ada gk sih perbedaan manfaat antara yg kuning sama yg putih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurleb sama aja sih di aku, tapi aku lebih suka yang putih hehe

      Delete
  16. Pupur tu bisa dipake buat laki-laki juga, ya.. he

    ReplyDelete

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...