Wednesday, March 27, 2013

Be Balance!


Haloooooooooooooooooooooooo <3

Apa kabarnya?
Semoga semua sehat dan bahagia selalu ^_^
 Sudah lama rasanya saya nggak posting apa-apa disini -,- Maaf ya, saya belum bisa sering-sering posting lagi akhir-akhir ini. Sibuk banget nget ngettt... T.T
Yah bikin review dsb gitu emang butuh niat serius soalnya saya harus luangkan waktu ngedit foto, siapin materi dsb. Berhubung saya lagi nggak ada waktu harap maklum kalo saya jadi jarang posting disini ya :')
Hebat deh kalo ada blogger super sibuk yang masih bisa posting (dengan kualitas oke) secara rutin. Saya belum mampu hiks hiks...

Nah jadi karena saya kangen sama blog ini dan pengen posting lagi tapi nggak siap review dsb jadi  ijinkan saya sharing aja kali ini ya :p
Berhubung hal yang lagi bikin saya galau akhir-akhir ini adalah berat badan, saya mau cerita soal itu aja deh ya hehe :p
Yang males baca boleh skip posting ini :')

Akhir-akhir ini saya makin sibuk dengan ini itu (masih freelance sih tapi jadwal padat merayap) jadi saya makin jarang ngerawat diri. Begadang juga makin rutin, udah kayak kewajiban dan sedihnya hal itu ngefek banget buat muka saya huhu. Akibat stress dan begadang hampir tiap hari bisa dibilang kulit muka saya makin kucel. Jerawat silih berganti menghiasi wajah, komedo makin lancang dan pori-pori makin menganga.

Semoga saya bisa segera rampungin kerjaan dan memulai pola tidur yang sehat.

Selain ngefek ke kulit kesibukan saya ngefek juga ke badan T.T

Bayangkan saya makan makin nggak terkontrol, nggak perduli tengah hari atau tengah malam makannn mulu soalnya saya kalo stress cepet lapar. Badan makin melar kemana-mana >,< Udah gitu saya nganut prinsip 'nggak boleh sia-siain apalagi sisain makanan', yah jadilah saya makannya suka 'kalap' sampe abis tandas bersihhh piringnya >,<

Berat saya tiap hari naik, baju makin sesak ughh. Bikin nggak pede foto-foto lagi, habisnya lengan gede, perut buncit, muka makin gedai argggh. Tiap ketemu temen pasti pada bilang 'Kok gemukan?' Ugh sedih T.T

Bukannya apa-apa, badan rasanya makin 'berat', cepet capek, baju banyak sesak *huaaa* dan rasa pede sedikit demi sedikit menurun. Cari celana jeans juga makin susah. Kadang risih juga kalo nyari celana, nyarinya yang ukuran jumbo mulu. Dulu saya masih 29-30 sekarang ukuran saya 32-33 huaaa ngeri banget rasanya, soalnya struktur tulang saya udah gede-gede ditambah lemak nggak sehat jadi makin 'tebel' deh saya...
Saya nggak pengen kurus kerempeng kok, pengen berat ideal aja kayak dulu. Saya pengen badan sehat segar bugar lagi, nggak cepet lemes dan lemak numpuk dimana-mana...
Bayangkan berat saya dulu 55 kg, begitu kuliah di Yogya naik jadi 60an, terus sekarang nggak tau, mungkin 65 lebih? Huaaa.

Oke, bolehlah kalo ada yang bilang 'Big is Beautiful'. Saya setuju, sah-sah aja kalo ada yang pede dan nyaman dengan tubuh curvy. Tapi saya nggak pede, dan saya ngerasa nggak nyaman dan pengen balik kayak dulu lagi -_-
Saya mau pake celana jeans saya dengan ukuran lama, yang dengan ukuran paha yang nggak sesubur sekarang :')

Kalo nggak percaya ini nih foto saya, tahun 2008 sama 2013.
Mungkin nggak terlalu keliatan banget, tapi lengan saya makin gedaiiii dan muka makin bengkak T.T


 Berkali-kali saya usaha pengen ngurangin makan, berusaha ganti makan malam pake pisang susu atau apapun deh itu, kecuali nasi.
Tapi akibatnya tengah malam saya lapar berattttttttt dan masuk angin. Mana saya punya maag lagi.
Dan setelah ngubek-ngubek internet saya simpulkan, ngurangin berat badan nggak cuma masalah ngurangin makan tapi juga BANYAK BERGERAK. 
Iya, saya sadar semenjak nggak kuliah lagi, saya lebih banyak berkutat di balik laptop aja.
Jarang jalan kaki.
Padahal dulu di Yogya saya jalan kakiiii melulu kemana-mana. Di Palangkaraya, agak susah soalnya panasnya luar biasa dan pejalan kaki disini langka. Mana semua serba jauh-jauh lagi, lebih enak pake kendaraan bermotor lah :p

Nah untuk ngatasin itu, saya putuskan untuk ngubah pola hidup saya sedikit demi sedikit.
Skip makan malam saya jelas nggak bisa, tapi saya ganti dengan ngurangin porsi makan jadi separo dari biasanya, makan malam juga saya mundurin jadi sebelum jam 7 malam.
Kalo laper, ganjel biskuit aja yang nggak gitu asin, karena garam bisa menahan air di dalam tubuh.
Terus banyak-banyak minum air putih.  Biar lancar BAB dan juga kulit lebih lembab meski saya begadang kayak kesetanan.
Banyakin makan sayur, meski saya musuhan sama sayur.
STOP minuman soda dan kurangin makan gorengan.
Dan paling penting, saya mulai olahraga tiap pagi. Skipping atau jogging atau main bulu tangkis sore-sore sama adek saya.
Saya kurangin asupan gula.
Saya juga mulai rutin minum teh hijau.
Pokoknya saya harus gerak, keluar keringat. Soalnya percuma ngurangin makan tapi kalori nggak dibakar dan lemaknya masih dimanja :p

Saya diet nih ceritanya?
Bisa dibilang ya, bisa dibilang nggak. Diet kecil-kecilan lah, nggak ekstrim banget hehe. Yang penting saya olahraga, jadi tubuh saya balance.
Saya nggak berharap pula jadi kurus, sebohay model-model catwalk. Saya cuma mau balikin berat badan saya kayak semula sekitar 55~57 kg.

Semoga saya berhasil ya, mohon doa dan dukungannya *take a deep bow*

Sekian curhat saya seputar berat badan... Hehe.
Buat temen-temen yang ngerasa punya nasib sama dan pengen nyeimbangan tubuh lagi setelah teralihkan karena kesibukan dan pola hidup nggak teratur yuk semangat bareng-bareng, rajin olahraga dan makan makanan sehat lagi :) Nggak ada yang mustahil kok!
Motivasi saya adalah saya bisa pake baju dengan nomer lama. Saya udah beli satu celana jeans dengan nomor 1 nomor di bawah nomor celana saya sekarang :p
Biar saya makin semangat 'diet'nya dan secepatnya bisa pake celana itu tanpa takut sesak ^_^

Well, sekali lagi saya tekankan disini, saya nggak pengen jadi kurus. Saya pengen berat ideal tubuh sehat :) Mungkin begadang masih belum bisa saya hindari (padahal begadang itu benar-benar nggak sehat!) tapi saya mulai usaha untuk nguranginnya. Caranya? Dengan tobat nggak nunda-nunda kerjaan haha *saya sih diburu deadline melulu karena suka nunda kerjaan*

Saya pengen banget saya bisa pede lagi dengan tubuh saya. Saya pengen ngerasa punya tubuh sehat dan ideal lagi, dan moga-moga itu juga ngaruh ke kulit saya. Kalo tubuh sehat, otomatis kulit juga sehat kan?
Nggak perlu diet ekstrim, sampe makan tiap hari cuma kayak kelinci *maksudnya cuma makan sayur dan phobia daging* Atau sampai nggak makan sama sekali. Duh, saya mah nggak gitu ya.
Tubuh juga perlu lemak dan kalori kok. Cuma kurangin kadarnya aja. Saya sih nggak bisa nahan-nahan lapar gitu. Hehe. Makanya saya pengen rutin olahraga kardio kayak skipping gitu. Lumayan lho, 30 menit keringat udah keluar semua ^^ Tinggal banyakin minum air putih aja lagi biar nggak dehidrasi.

Yah kuncinya adalah pengendalian diri sih, dan hidup seimbang.
Makan banyak? Ya harus banyak bergerak juga :) Apalagi yang kayak saya, metabolismenya tergolong lambat jadi lemak gampang numpuk ><

Semoga satu bulan ini saya bisa kurangin 3~4kg lemak saya haha...

Oh ya,  tanggal 26 Maret 2013 kemaren saya anniverary sama pacar saya ^~^ Yeaaay!
Nggak terasa udah 4 tahun kami bersama dan saya senang banget kami bisa lalui semua suka duka dengan selalu bersama-sama ;D Meski sudah setahun LDR (saya di Palangkaraya, pacar di Yogya) dia tetap semangat dan setia sama saya *terharu*. Saya pun juga gitu, kalo lirik-lirik yang lain sesekali ya bolehlah kan cuma lirikkk *eh*
Buat saya dia itu kayak sodara kayak sahabat, kayak pacar yang asyik banget :) Apalagi selera nonton film kami sama haha. Jadi klop lah kalo udah bahas film gitu :p

Ya pokoknya semoga saya bisa langgeng terus sama pacar saya, sampai selama-lamanya. Apapun itu, semoga kami bisa bahagia dan jadi lebih baik lagi ke depannya, AMIN. 






Nah terakhir ini saya bagi-bagi 1 foto lagi ya ^^
Ini diambil hari Minggu kemaren dan yang fotoin adek saya haha :p




 Makasih udah baca curhatan saya :3
Maaf ya saya bener-bener sibuk jadi belum ada waktu bikin giveaway yang saya janjiin >,<

Sampai ketemu di postingan berikutnya ya dan semoga berat badan saya sudah turun segera haha ^^
Thanks for coming and have a great day! Stay pretty and stay healthy!
Cheers :*


Raisa Angelin



Photobucket

3 comments:

  1. Gaaak koq, gak gemuk Raisa. Tapi emang berasa ya kalo gampang lemes, saya juga soalnya, agak gak PD sama body curvy saya.^^

    Semangat dan disiplin, smoga berhasil^^

    ReplyDelete

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...