Wednesday, March 28, 2012

(BEAUTY TIPS) Things You Should Know About PARABEN (PART 2)



Oke, kali ini saya pengen melanjutkan post sebelumnya tentang PARABEN (yang belum baca, silahkan klik disini) yaaa. Kali ini saya mau nge-post tentang bahan2 pengawet kosmetik pengganti paraben :D
As we know, untuk melindungi berbagai perawatan tubuh dan kosmetik dari pertumbuhan jamur dan bakteri, umumnya para produsen menggunakan paraben sebagai bahan pengawet.
Sementara paraben efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, penelitian menunjukkan adanya peningkatan risiko kanker payudara dan masalah endokrin akibat penggunaan paraben ini. Oleh karena itu, kini para produsen kosmetik mulai berbondong2 mencari bahan pengawet pengganti paraben. Apa sajakah bahan-bahan yang umum digunakan sebagai pengawet pengganti paraben itu? Here they are!~ 

1. Sodium Hydroxymethylglycinate
Sodium hydroxymethylglycinate merupakan salah satu bahan paling umum yang digunakan sebagai pengganti paraben dalam  sejumlah produk kosmetik.
Substansi ini terbuat dari glisin atau asam amino yang sering digunakan sebagai suplemen diet dan antasida perut.
Bertindak sebagai pemberi perlindungan terhadap jamur dan bakteri, sodium hydroxymethylglycinate bekerja pada setiap tingkatan pH dalam kondisi asam.
Dalam berbagai tes, sodium hydroxymethylglycinate telah menunjukkan sifat non toksik, tidak mengiritasi, serta tidak menimbulkan kerusakan DNA.
Semua faktor tersebut membuat zat ini menjadi alternatif yang aman sebagai pengganti paraben untuk pengawet kosmetik.

Untuk melindungi dari jamur dan bakteri, berbagai perawatan tubuh dan kosmetik umumnya mengandung paraben yang digunakan sebagai pengawet.
Sementara paraben efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, penelitian menunjukkan adanya peningkatan risiko kanker payudara dan masalah endokrin akibat penggunaan paraben.
Itulah sebabnya saat ini banyak produsen kosmetik yang berusaha mencari bahan pengawet alternatif sebagai pengganti paraben.
Berikut adalah beberapa bahan yang umum digunakan sebagai pengganti paraben :


1. Sodium Hydroxymethylglycinate
Sodium hydroxymethylglycinate merupakan salah satu bahan paling umum yang digunakan sebagai pengganti paraben dalam produk kosmetik.
Substansi ini dibuat dari glisin atau asam amino yang sering digunakan sebagai suplemen diet dan antasida perut.
Bertindak sebagai pemberi perlindungan terhadap jamur dan bakteri, sodium hydroxymethylglycinate bekerja pada setiap tingkatan pH dalam kondisi asam.
Dalam berbagai tes, sodium hydroxymethylglycinate telah menunjukkan sifat non toksik, tidak mengiritasi, serta tidak menimbulkan kerusakan DNA.
Semua faktor tersebut membuat zat ini menjadi alternatif yang aman sebagai pengganti paraben untuk pengawet kosmetik. 


2. Pengawet Alami
Banyak perusahaan kosmetik sedang mendalami penggunaan pengawet alami seperti minyak esensial dan vitamin untuk menggantikan paraben.
Nggak cuma dikarenakan pengawet alami cukup efektif menangkal bakteri tetapi juga karena sejalan dengan tema ‘back to nature’ yang sekarang banyak dipromosikan oleh perusahaan2 kosmetik.
Beberapa vitamin dan minyak esensial, termasuk vitamin E, minyak pohon teh, dan ekstrak biji anggur, merupakan contoh beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menangkal bakteri.
Salah satu kelemahan pengawet alami bila dibandingkan dengan paraben adalah bahwa pengawet alami harus digunakan dalam konsentrasi tinggi untuk menunjukkan efek yang maksimal padahal nih konon katanya dosis tinggi pengawet alami juga dapat mengakibatkan iritasi kulit. Jadi be careful, ada juga lho orang2 yang alergi sama bahan2 alami :)


3. Asam Organik
Asam organik semakin populer digunakan sebagai pengganti paraben untuk mengawetkan produk kosmetik.
Asam organik terdiri dari asam dan garam alami. Substansi ini merupakan agen penghambat pertumbuhan jamur yang kuat dan bisa diterapkan pada kosmetik cair seperti makeup dan produk perawatan rambut.
Sebuah studi menemukan bahwa ketika dipasangkan dengan bahan pengawet lainnya, asam-asam organik dapat secara efektif menjaga keawetan kosmetik dari bakteri.

Source : http://oketips.com/12769/3-bahan-pengawet-kosmetik-pengganti-paraben/

Nah, jadi mending pilih yang mana nih? Hehe, semuanya kayaknya ada kurang lebihnya masing2 ya :)
So, mari lebih teliti saat memakai produk kosmetik. Emang susah dihindari, but...let's try to minimize it (bahan2 berbahaya maksudnya yang dikurangin,hehe) ^^b Bahkan kalo bisa mari kita pake bahan2 alami aja sebagai resep cantik kita. Murah meriah+aman, isn't it? Yang punya banyak resep2 cantik dengan bahan2 alami bagi2 dong sini ~ Hehehehe :)

Anyway....thanks for coming!

See you in the next post ladies...




with love, 






Raisa A.


PS. Next month i'll show you my April's Haul. Curious? Keep stay tune! :D

6 comments:

  1. tq ya infonya ^^ ada referensi untuk kosmetik paraben free ga heeheh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ya dah mampir :)
      ada :) salah satunya udah aku review, di tag Nature Republic (Aloe Vera Moisturizer). Please check it ya ^^v

      Delete
  2. waow nice & informative post ^^ hehe
    just following you :D salam kenal yah!

    http://xiaoveeworld.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankies ^^ udah aku follow juga blog kerennya...banyak reviewnya, suka deh :D salam kenal juga~

      Delete
  3. Salam kenaaaal... Aku juga udah memulai pake produk2 non-paraben sejak 2 tahun lalu. Awalnya karena tau bahwa pemakaian produk paraben di shampoo dan lotion bikin kulit/rambut kita kelapis jadinya kalo kita perawatan lulur/krimbat vitaminnya ga bisa masuk. Jadi percuma. Eh makin kesini jadi tau kalo ternyata efek paraben ga cuma itu.

    Aku pake produk non-paraben dulu Oriflame shampoo, trus Loccitane, kemudian Natur untuk setaun lebih. Sekarang stay pake Organic Care shampoo karena unlike other non-paraben shampoo, pake shampoo ini rambut tetep baguuuuussss ngembang.

    Kalo untuk lotion aku pake produknya thebathbox.co.id. Sabun juga aku pake dari mereka. Plusnya, produk thebathbox bisa buat nyembuhin penyakit2 kulit (kalau ada).

    Eh kalo mau ngobrol2 soal paraben, ikutan dong. Umm contact di Twitter aku aja deh @ninanenen

    ReplyDelete

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...