Monday, March 19, 2012

(Beauty Tips) Perawatan Kulit Super Sensitif (Khususnya Bagi Penderita Dermatitis Atopik/EKSIM) UPDATED 2016

Hello readers! [UPDATED 2016]
그 동안 잘 지내지요? How's ur day lately?
Kali ini saya pengen ngepost tentang beauty tips nih, kali ini temanya adalah 'Skincare untuk Kulit Super Sensitif' ^^

FYI, saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang divonis dokter sebagai penderita eksim/dermatitis atopik dan kulit saya ini sensitif banget, readers. Hiks. Biasanya penderita eksim ini adalah orang-orang yang keluarganya punya riwayat penyakit turunan seperti diabetes, asma, atau jantung. Jadi yang punya riwayat penyakit turunan, besar kemungkinan bisa mengidap penyakit kulit ini karena konon barrier kulitnya lebih tipis dan sistem imunnya yang berlebihan. Kebetulan ayah saya punya penyakit asma turunan. Buat yang penasaran sama apa itu eksim untuk selengkapnya bisa klik di sini. Untuk gambarnya, bisa di-googling dengan tag 'dermatitis atopic image' atau 'eksim'.

Kondisi kulit penderita eksim umumnya sangat sensitif, kering dan cenderung bersisik bewarna merah atau cokelat. Suka ada ruam-ruam merah, mengelupas dan rasanya gatal banget. Kalau digaruk, suka makin parah dan bekasnya cokelat-cokelat item, jelek banget deh pokoknya. Pemicunya biasanya adalah stress, debu, keringat, perubahan suhu udara secara drastis (biasanya nggak bisa panas-panasan), makanan seperti seafood dan bahan-bahan alergen (pemicu alergi) lainnya seperti sabun, kosmetik, dsb.
Biasanya gatal-gatal berupa ruam-ruam merah bersisik itu munculnya suka semena-mena. Kebanyakan sih suka muncul di daerah-daerah yang tertutup, lembab dan suka bergesekan dengan kulit lain atau kain misalnya ketiak, leher, punggung, lipatan lengan, belakang lutut sampai daerah selangkangan. Oleh karena itu, bagi penderita eksim sangat dianjurkan untuk mengenakan baju-baju yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Kalau lagi parah suka muncul di muka juga (pipi, jidat sampe kelopak mata >,<).
Penderita eksim umurnya bervariasi. Paling banyak penderitanya anak-anak balita, bahkan sampai yang dewasa umur 20an kayak saya. Huhu...

Sedikit tips buat penderita eksim nih :
  • Jangan takut mandi (boleh lebih dari 2 kali tapi nggak wajib pake sabun ya biar nggak makin kering), minimal 2 kali sehari dan jangan lupa selalu menggunakan pelembab wajah dan tubuh sesudahnya. Wajib banget hukumnya pakai pelembab untuk penderita eksim!
  • Hindari atau kurangin konsumsi seafood dan telur yang berlebihan. 
  • Hindari pemakaian bahan-bahan kosmetik keras yang bisa menjadi pemicu alergi seperti peeling, scrub/lulur berbutiran kasar atau whitening!!!
  • Hindari stress!!!! Pernah eksim saya kambuh gara-gara saya stress dan nangis seharian (pas masih mahasiswa dan kerjain tugas akhir. Lebay ya, haha). Parah deh, sekujur badannya rasanya gatal >,<
  • Hindari berpanas-panasan, debu dan jangan mengenakan baju-baju atau pakaian dalam ketat/renda-renda yang kasar.
  • Kalau gatal jangan dikasih bedak biang keringat yang keras atau dibersihkan sama sabun antiseptik.
  • Setiap kali keringatan, langsung dilap dengan handuk yang lembut atau tisu. 
  • Sebaiknya hindari makanan pedas atau yang bikin 'panas dalam' kayak cabe atau merica.
  • Sebelum makin parah, kalo merasakan gejala eksim mau kambuh sebaiknya konsultasikan ke dokter dan minta obat yang minim kostikosteroid karena itu nggak baik dipake dalam jangka panjang. Harus bener-bener di bawah pengawasan dokter ya.
Saya sudah berobat ke dokter kulit sana sini tapi memang dasarnya nggak bisa sembuh, jadi bisanya cuma meminimalisirnya aja. Hiks, buat cewek-cewek (apalagi yang suka dandan!) penyakit ini annoying dan ngerusak penampilan banget apalagi kalau lagi kambuh T.T
Di post kali ini saya mau share tentang produk-produk skincare apa aja yang cocok di kulit super sensitif saya ini. Mudah-mudahan bisa jadi sumber referensi ya ^^ Saya nggak maksud ngiklan jadi gambarnya silahkan googling sendiri aja yaa~ Hehe... Produk yang saya review ini adalah produk yang sehari-hari saya pakai dan puji Tuhan nggak bikin makin parah (malah membantu ngurangin dan mencegah kambuhnya) eksim saya~

1. Sabun Mandi :
  • Johnson's Baby Bed Time Wash (cair), bentuknya semacam gel bening keunguan gitu. Busanya nggak banyak dan wanginya lembut banget. Nggak bikin kulit jadi kesat atau perih setelah mandi. Biasa saya pake pas kulit lagi super sensitif.
  • Johnson's Baby Milk Bath (cair), bentuknya kayak krim encer dan warnanya putih. Aromanya manis kayak susu dan lembut banget di kulit. Busanya nggak banyak dan habis pakai kulit tetap lembab dan nggak jadi keset. 
  • Physiogel Cleanser (sekarang lagi pake ini, September 2016)
  • Cetaphil Cleanser
2. Losion/Cream Wajah/Moisturiser
  •  Physiogel Lotion (Cream juga bisa), lotion yang disarankan dokter untuk kulit sensitif (dewasa~anak2 bisa pake ini).  Little bit pricey tapi ampuh banget buat mencegah dan meredakan eksim yang lagi meradang. Formulanya hypo-allergenic, bebas pewarna dan pewangi. Bisa dibalurkan ke muka dan seluruh tubuh. Biasanya kalau muka lagi gatal-gatal dan kering banget saya pakai losion ini tiap malam. setelah dua atau tiga hari, kulit kering dan rasa gatalnya berkurang drastis. Agak susah dicari, biasanya dijual di apotik2. Ratingnya juga bagus di makeupAlley; 4,5 dari 5 ^^ (buat muka dan badan)
  • Johnson's Baby Milk Lotion , pakai losion ini sehabis mandi rasanya enak banget ^^ Lembut, wangi susu dan nggak bikin iritasi. (buat badan)
  •  Soothing and Moisture Nature Republic 92% Aloe Vera Soothing Gel, memang sih karena bentuknya gel jadi kurang ampuh melembabkan, menurutku. Tapi produk ini ringan banget formulanya dan nggak mengandung bahan2 alergen. Jadi bisa dipakai sehari-hari. Enak juga buat ngademin kulit~ Lihat reviewnya di sini.
  • Cetaphil Cream (review di sini
  • Utama Spice Lip Balm (Bibir)
  • EVETE Lip Balm (Bibir- review di sini)
  • Virgin Coconut Oil alias minyak kelapa MURNI bukan yang buat masak ya, belinya di drugstore atau apotek (seluruh muka dan badan)
  • Jergens Ultra Healing (sangat melembabkan ^^) (badan)
  • Hadalabo light lotion (toner) dan MILK lotion (pelembab) (muka)
3.  Deodorant
  • P.O. Powder M.B.K - bedak tawas buat ketiak dan badan yang kandungannya cuma tawas, talc dan parfum. Aman banget buat ketiak saya yang super sensi saat ini dan ampuh usir bau badan. Saya sekarang udah STOP pake deodoran apapun yang ada di pasaran. 
4.  Facial Cleanser
5.   Sunblock

  • Skin Aqua untuk kulit sensitif (SPF 25 PA ++)

Selain itu, saya juga suka banget sama produk-produk Korea. Sejauh ini saya nggak pernah merasakan alergi atau iritasi setelah pakai produk-produk Korea ^^ 
Kalau mau keluar hangout saya selalu pakai BB cream yang selain berfungsi sebagai foundation dan concealer, juga sebagai pelindung (mengandung SPF) dan skincare kulitku yang super sensitif ini >,< 
Tapi kadang saya suka cuek aja bare face nggak pake makeup kalo lagi males haha. Kulit saya juga butuh free dari bahan kimia sesekali :))
Sejauh ini produk bb cream yang saya gunakan seperti Etude House, Pixy BB cream dan sebagainya (kecuali Garnier BB Cream, nggak cocok banget) aman-aman aja di kulit saya. Cuma kalo lagi eksim kambuh saya istirahat total makeupan. 

Lipstick, blush on atau eyeshadow lokal maupun luar negeri juga baik-baik aja sejauh ini di kulit saya, thanks God :D 
Yang saya biasa sangat hati-hati hanyalah skincare dan alas bedak seperti foundie atau bbc karena penggunaannya cukup luas di seluruh muka/badan dibanding makeup dekoratif.

Tapi inget!!!! Nggak SEMUA penderita eksim lho bisa mentolerir kosmetik kayak BB cream , eyeshadow dsb tertentu. So, be careful!!!!

Oh ya, untuk penggunaan parfum saya saya sudah diwanti-wanti sama dokter. Jadi jaraaang banget deh saya pake parfum. Kalaupun pake cuma semprot di baju sebelum pake, NGGAK KENA KULIT sama sekali :')

Sebenarnya akan lebih baik kalau kita selalu jeli memilih produk. Semakin produk tersebut rendah bahan-bahan iritan (seperti sulfat, paraben, EDTA, pewangi, pewarna, mineral oil, alkohol, dsb), bahkan lebih baik lagi, FREE dari semua itu, maka kemungkinan besar produk itu bisa cocok buat kamu yang punya kulit sensitif kayak saya.
Tapi tetep hati-hati. Bahkan produk organik/natural tertentu bisa memicu alergi buat sejumlah orang lho.Intinya jeli dan selalu lakukan test untuk tiap produk yang mau kamu coba. Caranya? Oleskan sedikit produk itu di belakang telinga kamu. Kalau nggak ada gejala alergi seperti merah-merah, gatal, dsb...mungkin produk itu aman buat kamu^^


Eksim ini emang penyakit lebay yang mengesalkan.

Orang-orang awam suka nggak ngerti soal ini, dikiranya kita lebay atau terlalu melebih-lebihkan ya (kayak nggak bisa stress, nggak bisa kena debu, nggak bisa panas-panasan dsb), tapi ya sudahlah...toh mereka nggak bakalan bisa ngerti karena mereka yang ngomong gitu nggak ngerasain kulitnya gatal-gatal, bengkak, perih dan kering kerontang :((((
Tapi tenang! Kamu nggak sendirian untuk berjuang melawan dan mengurangi dampak eksim!!!!!! :D

Yang penting jangan sampe stress ya, ingat hati yang gembira adalah obat! Kalo stress eksim nggak akan sembuh, so tetap relaks dan percaya eksim kamu nggak ada apa-apanya dibanding kepribadianmu. Pede aja deh, ya meski susah ya. Terus usahakan jangan pernah digaruk. Di muka nggak pernah parah dan berbekas soalnya saya setengah mati nahan diri biar nggak garuk-garuk.


Thanks for coming, kalau ada yang mau nambahin dan share produk andalannya juga boleh ^0^


See you in the next post!!!
**Postingan saya tentang perawatan dan produk untuk kulit kering akan saya perbanyak. Keep stay tune!!!



RAISA A.


196 comments:

  1. oowh..
    trnyta byk bgt yach prawatan yg mesti dlakuin *gw jg mnderita eksim sdari kcil mpe skrg* :(
    Tapi gw orangnya cuek..jd tuw pnyakit masih betah aja nangkring di kaki gw,pdhl udh melebar sampe skitar 10cm lebih π_π
    Udh d kasih salep mcem2 tetep aja kambuh.

    kaloo utk ngilangin bekas eksimxa gmna yaach??

    ReplyDelete
  2. kalo kata dokter tempat aku periksa dulu mah 'gak ada harapan, bisanya laser aja ini baru ilang bekasnya' ih sebel banget kan. tapi emang nggak boleh di scrub sih,mau gimana T.T
    Tapi aku ada dulu lecet gr2 gatel di leher. Caranya ya sering2 dikasi pelembab aja (Physiogel Lotion tu bagus), dan hasilnya bekasnya lama2 agak tersamarkan. Ya asal nggak suka digaruk telaten dikasi pelembab aja :)

    ReplyDelete
  3. wahh..
    dan ternyata aku baru tau namanya eksim..:(
    aku juga gitu di pergelangan kaki, dari kecil dan sering banget kambuh...:(
    kata dokter dulu cuma karna aku stress ato alergi, gak dijelasin ttg eksimnya..

    tengkyuh yaa...:*
    udah memberikan pencerahan..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur deh kalo bisa ngebantu2 walo gak banyak ^^
      Thanks for coming~

      Delete
  4. v pernah denger ttg ini tp cm ditanggepin sekilas...v jg ada d pergelangan kaki kanan gatal2 dr kecil...bru tw klo itu eksim..ngobatin'y pake apa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. macam2 sis, kalo mau si ke dokter aj langsung. biasanyanya dikasi salep kayak inerson, betametason, dsb.tergantung eksimnya ky gimana :)

      Delete
  5. Salam kenal! Aku Feli, lagi cari-cari rekomen cream pelembab buat kulit super dry eh tulisan ini yang muncul :D
    Aku juga kena dermatitist atopic, biasanya cuman dikasih salep sama dokter dan bekasnya pun nggak ilang. Kulitku dari pinggang sampe kaki jadi buruk T_T
    Sekarang sih selain tiap malem pake salep, aku juga jadi selalu siap sedia Nivea Soft, lumayan ampuh dan bikin nggak gatel lagi. Tapi males juga kalo mesti ngolesin tiap setengah jam atau sejam sekali.
    O iya, sekedar saran, untuk mandinya, pake sabun Seba med deh, harganya lumanyun banget sih plus baunya pun bikin males mandi #alibi, tapi emang oke deh buat yg kulitnya kering akut :D

    Hmmm..btw, ada yg tau nggak kalo laser yang untuk ngilangin bekas luka itu kira2 berapa biayanya dan seberapa efektif? Thank! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya baru balas :) salam kenal juga Feli~
      terima kasih banyak lho sudah sharing. Dulu pas tau saya divonis penyakit ini saya sempat panik, apalagi ngeliat ruam2 dan bekas2nya yang jelek bikin saya makin stress tiap ngaca. Tapi setelah tahu saya nggak sendirian, saya jadi lebih tenang dan fokus untuk terus berusaha mencegah gatal2 dan ruamnya tambah parah, salah satunya dengan menghindari stress dan menggunakan produk2 yang mild dan sesuai buat kulit ^^
      wew, sebamed harganya memang cukup wow...makanya saya rada malas nyoba, apalagi saya udah cocok pakai Johnson's Baby Milk Bath :)

      kalo soal laser saya juga kurang ngerti nih, ada baiknya kamu langsung tanya aja ke RS/klinik atau langsung pada ahlinya kayak dokter kulit. Thanks for coming Feli!~~~ Tetap semangat ya! *hug

      Delete
    2. salam kenal,, aku hanny ^^
      akhirnya ada yg senasib jga dengan penyakit eksim yang menyiksa ini...
      aku udah hampir 3bulan ini belum sembuh2 eksimnya.. >.<
      sudah bolak balik dokter jga tetep aja kambuh2an...
      aku mau nanya, kmu pake bb cream apa?? aku jga termasuk yg suka pake bb cream, hanya belum nemu yg cocok di jenis kulit aku..
      bb cream yg sudah pernah aku pakai, etude bb cream moisture, etude bright fit, the face shop honey, the face shop honey, brtc jasmine water, skin food peach sake,, semuanya malah bikin tambah alergi..
      Akhirnya cma bisa di hibahkan bb creamnya.. Aku maw nanya, bb cream apa yg kira2 cocok untuk kulit yg sensitif ?? Mohon pencerahannya ... *sudah capek coba2 bb cream hihihi....
      thanks

      Delete
    3. Halo hanny, salam kenal :)
      Iya, eksim ini emang super duper nyebelin apalagi buat cewek hikhiks
      Kamu alergi apa? kalau kambuh terus, pasti ada pemicunya tuh. Mungkin kamu terlalu stress atau kecapekan ^^
      kalau aku, aku nggak bisa stress, capek, kena debu dan kepanasan, jadi aku hindari aja itu. Terus sabun muka dan sabun mandi juga kudu diperhatiin...jangan pake yg bikin kulit makin kering...
      Kalau aku prbadi sih, kalau emang lagi sensi (bisa sampe berminggu-minggu), aku hentikan aja pake semua kosmetik, cuma pelembab sama bedak bayi aja. BB Cream juga stop dulu, soalnya kalo pake kosmetik macem2, bisa2 jadinya malah nggak sembuh2. Setelah agak reda (karena dia musiman), baru boleh coba2 bb cream dll. Itupun cari yg bs moisturize kulit dengan baik.
      Aku pk MISSHA sih lumayan, ga ada masalah. Tapi sekali lagi, hentikan aja dulu SEMUA kosmetik kalo kulit lagi rewel. Nanti bisa pulih sendiri kok kalo ga dicekokin macem2 terus~
      Apalagi kl ternyata kamu alergi sama BB cream. Kalau mau dan kulit lagi ga sensi, bisa kok moisturizer kamu diblend sama bb cream. Biar bb creamnya lebih moist buat kulitmu dengan perbandingan 1:1 :) Karena kulit eksim biasanya cenderung super kering~
      Konsultasikan ke dokter juga soal pemakaian kosmetik ya, soalnya tiap orang beda2 reaksinya.
      Semoga cepet sembuh! ^^

      Delete
  6. iya,, sedih bener dengan eksim,, kata dokter seh stress... *maklum kerja kantoran hihihi...
    tapi klo ga pake pelembab atau bb cream pas ke kantor kayakna gmana gituu,, muka merah2 kyk habis di tampar.. >.<
    aku seh udah ganti semua sabun mandi sabun cuci muka pake sebamed baby.. pelembab muka jga sebamed baby,, hanya tetep aja kambuhan neh penyakit... sebel deh,,, udah hopeless deh ...
    >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang pemicu utamanya kadang2 karena stress, begadang dan juga kelelahan. Sadly, karena nggak ada obatnya, jadi satu2nya cara ya emang harus jaga kondisi fisik dan pikiran ^^
      Kalau aku sih sekarang lagi pake produk Johnson to Johnson (cocok banget pake milk, top to toe atau bed time (ungu). Sabun muka pake dee dee yang milk facial wash (bener2 nggak bikin kering atau iritasi plus terjangkau banget!). Aku juga suka merah2 gitu dulu kalo pas habis mandi mbak (aneh ya, kadang suka gitu kadang nggak), tapi biasa saya ademin pake AC dan relakskan diri, setelah merah2 ilang baru aku pake pelembab (tapi no bb cream). Menurutku sih balance-kan dulu kesehatannya mbak, baru coba pake bb cream, dsb. Jangan hopeless, aku juga pernah gitu sampe nangis2 nggak jelas karena buruk banget rasanya. tapi makin dipikir, makin menjadi. jadi mending happy2 aja dan cuekin, lama2 hilang sendiri kok^^ emang ngomongnya gampang, but trust me, aku udah pernah ngalamin muka kaya kepiting rebus. yang penting jangan stress, hindai alergennya dan pake obat dokter (kalo emang parah). semoga cepat sembuh! semangat terus ya!

      Delete
  7. slam knal
    wahhh, tRnyta banyak yg kena eksim ya.... eksim bner2 nyebelin bgedddddddddddddd... aqu wktu awal masuk SMA dulu prnah kena eksim. Waktu tu seh nggak thu loh tu eksim. Udah lma nggak kambuh lagi... eh, skarang kambuh lagi... Ni kaki, tangan, punggung dan leher pada kena, nggak enak bged... Bwosing di internet kta nya suruh pake sabun D*ve cair/pdet, jga nggak mmpan... Udah cpek, nggak aq sbun aja tbuh yg kena eksim. Aq ksih blsem, e thu nya mnderita beud pnas tpi stlah 3-4 hari tu eksim mngering. Eh, ne kmbuh lgi... capek dehhh... Kira-kira Sbun mandi yg mdah nyarinya yg bisa buat eksim apa ya??? soalnya tiap kena sbun mndi tmbah mrah dan gtal. Trus sbun pncuci mka yg mdah di dapat untuk ne eksim juga apa ya??? ne aqu pke sh*nzui, kok ttap kring ne wjah dan tmbah ikutan mrah.

    ReplyDelete
  8. Kalau bisa cari sabun yang mild banget dan kandungan detergen/sabunnya rendah. Johnson to johnson milk bath tu enak. Atau pake Sebamed. Kalo punya eksim justru harus hindari sabun yang mengandung whitening&saliclic acid yg bikin kulit makin kering, coz bisa makin gatal dan kering nanti. Sabun muka pake sabun dee dee milk facial foam lembut banget, ga bikin kering. Kalo eksim emang nggak bisa pake sembarang sabun, pake yg buat baby aja lebih aman^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu'um........ kmaren sbenarnya mau nyoba johnson to johnson milk bath,tapi nggak jd. Ne aq pke sabun Giv walaupun murah meriah tapi nggak ada kandungan SLS nya tuh. Di kemasannya nggak ada tlisan SLS nya. Eksim qu udah mendingan, lumayan yg penting rajin ngolesin handbody juga seh...^^

      Delete
    2. hu'um... kmaren sempet mau nyoba johnson to johnson milk bath tapi nggak jadi. Ne aq pake sabun Giv walaupun murah meriah tapi nggak ada kandungan SLS nya. Di kemasannya nggak ada tulisan SLSnya tuh, jadi aq cobain aja. Eksim qu udah mendingan, lumayan yang penting rajin ngolesin handbody lotion biar nggak kering. ^^

      Delete
    3. Giv?? beneran? wah boleh tuh dicoba kapan2 ^^
      Thanks dah sharing di sini ya~

      Delete
    4. udah coba giv dan ternyata sama sekali nggak cocok :(

      Delete
  9. Aku juga ada bakat nih,:( tapi ga parah-parah banget sih, cm spot-spot tertentu aja. The latest spot itu adalah kelopak mata,gatal-gatal, trus ngelupas-ngeupas ga jelas.. aneh banged deh kelopak mata saya tebal dan item sebelah padahal ga pake eyeliner, dsb, unyu banget deh,wkwk sekarang udah sembuh dan semoga ga ada spot baru lagi, terutama di seputar muka...>_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus sering dikasi pelembab tu ci >,< tapi punyaku sekarang udah jarang muncul di muka karena selalu dikasi pelembab nivea habis mandi~ kalo ada gatal juga jgn pernah digaruk karena bisa mkn bengkak~

      Delete
  10. thx bngt bt infonya... saya alargian gt sejak mulai SMP sampe sekarang palg menyiksa kalau udah kabuh alergian... mungkin terliat lebay kali yah nda suka di tempat-tempat yang panas udaranya + debu dimana-mana, tapi orang-orang pada nda tau dn nda ngerti kalau paling menyiksa sudah kambuh alerginya, nda tahan sama gatal yang mulai di wajah, dan leher.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anonim (saya nggak tau nama kamu wkwkw), aku ngerti banget perasaan kamu :(
      emang eksim ini penyakit lebay, nggak bsia panas-panas, nggak bisa kena debu, nggak bisa keringetan, nggak boleh begadang, nggak bisa stress dsb. Orang emang kurang memahami hal tersebut dan kadang suka seenaknya bilang "halah, belagu!" atau "yaelah lebay!" padahal mereka gak tau gimana rasanya punya kulit yang suka gatal bengkak dan merah2 gitu :((((
      sebenarnya aku pengen bagi info lebih banyak. semoga next aku bisa posting lebih banyak tentang ini ya. thanks for coming :)))

      Delete
    2. Tq e raisa atas info ea,mmg org lain sll menganggap qta lebay ..pdhl mrka g pernah tau rs ea jd qta yg kena dermatitis atopik ini,,q mw nyoba produk johnson's ea...mdh2n bs mengurangi derita eksim ini....tq buat semua uda berbagi pengalaman....ternyata q g sendirian ...

      Delete
    3. Tq e raisa atas info ea,mmg org lain sll menganggap qta lebay ..pdhl mrka g pernah tau rs ea jd qta yg kena dermatitis atopik ini,,q mw nyoba produk johnson's ea...mdh2n bs mengurangi derita eksim ini....tq buat semua uda berbagi pengalaman....ternyata q g sendirian ...

      Delete
  11. Aku jg eksim loh (malah bangga, hahahaha) tp aku kambuhannya kalo pas jogja super kering kerontang aja.
    Kulitku dr dulu emang udah jelek sih, waktu bayi dibawa ke pantai eh kulitnya jd bersisik ky ular mpe tk. Trus pas sd alergi dingin jd kalo dingin langsung bentol2 gatel se badan. Tp skrg uda sembuh.
    Udah ga kambuh lg eksimnya, alhamdulillah ga bekas jg soalnya punyaku ga yg merah ky ruam gt, cm bintik2 dikit gatel nyebar biasanya tangan n leher, trus biasanya ke dokter pake salep kering, nunggu ngeletek, udah selesai. Tp gatelnya mana tahan. Hehe...
    Aku suka blogmu soalnya kulitku jg kering (senasib).
    Aku paling bete soal sabun mandi. Sejauh ini yg cocok cm tbs body polish strawberry (mahaaal). Awalnya sabun bayi cocok2 tp kl kelamaan mulai bentol2 gatel abis mandi, jd hrs selang2 seling ga bs stick to one brand. Leivy jg aku ga cocok pdhl enak wangiii...
    Aku tertarik nih ama lotion physiogel, racun bgt deh hehehe...
    Sori kepanjangan :p
    Keep posting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong kalo gak ruam2 gitu...kalo di aku suka ruam2 gitu. jelek dan menyiksa :(
      sama aku juga gak bisa terpaku sama satu sabun mandi. biasanya juga aku selang seling. kalo lagi kambuh alerginya, biasanya aku pake sabun johnson&johson baby milk bath~
      makasih ya udah sharing xD

      Delete
  12. Hi sama banget aku juga eksim. Udah dri kecil ternyata emg gak boleh stress, gak boleh kna debu. Bener bgt kalo org gak tau pasti dibilang lebai

    ReplyDelete
  13. Haiii Salam kenal Raisa :)
    Menarik banget postnya, temen aku juga ada yang kayaknya sih menderita eksim, cuma belum mau bilang. Dia sering nanya-nanya sama aku soal skin care, dan pastinya aku sangat ngerekomendasiin peeling (aku nggak tau kalau ternyata dia menderita eksim)

    Aku baru tau kalau ternyata penderita eksim nggak boleh pake peeling :O Thanks for sharing yaaa! Aku yakin info ini bakal berguna banget buat dia

    Keep inspiring <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. peeling gel yang bagus kayak Cure dari Jepang itu cukup bagus kok, cuma nggak boleh pas muka lagi meradang atau iritasi. kalo mau bisa sebulan dua kali pas muka/kulit lagi normal dan nggak gatal2/bermasalah, soalnya sel kulit mati yang numpuk juga gak bagus kan :p

      senang kalo bisa bantu kasih info :') terima kasih ya Suci ^^

      Delete
  14. hai, sharing nih aku penderita eksim atopik pas brojol..dr bayi katanya seawak2 gw eksim kering (kesian bgt yak gw), ini berlanjut sampe SMA..cuma berkurang demi bertambahnya usia..(di bagian badan, leher dan kepala) dan sekarang gw gawe..masih betah nongol di kepala (jadi klo rambut gw basah kaya ketombean) padahal mengelupas dan bersisik, di leher susah bgt ilangnya, plus di perut bagian kanan dan kiri bawah masih ada susah bgt diilangin..perut bagian depaan ilang sendirinya..gw desperado harus pake apa..ke dokter kaga mempan..dan skr gw lg hami..berharap bgt..gak nurun ke baby gw..amienn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah sharing :D ia aku bantu aminkan aja ya :) penyakit ini emang rempong soalnya gada obatnya (yang nyembuhin total)

      Delete
  15. Salam kenal,,aq nadia.Thx banget ya raisa infonya udh bikin aq ngga hopeless lg sama alergi kulit yg ngga kunjung sembuh.Tiap eksim kumat,the 1st step aq langsung stop sgala bahan kimia yg bisa ngerangsang alergi kambuh (walau ngga tau bahan yg mana,hehe).Skrg aq lebih hati2 pilih kosmetik+skin care n yg pasti harus cek kandungannya dulu.Just sharing,aq skrg lg pake Nature Republic yg aloe vera soothing gel (adem dikulit n ga bikin gatel)+The Skin Food yg parsley n mandarin (for trouble skin).Untuk face powder aq pake cussons baby krn sempet pake johnson n johnson+zwitsal malah gatel2 n panas gtu.


    Keep posting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Tia :)
      Aku juga masih masa pencarian produk yang cocok dan kayaknya emang useless juga kalo kita masih tetep hidup dengan pola yang nggak sehat such as stress, begadang, makan gak sehat dsb :')
      Emang complicated banget ini kulit, jadi sedih tiap ngaca lol
      makasih ya udah sharing :)) sejauh ini produk Korea emang lebih nyaman buatku daripada produk Indonesia sendiri. Makasih udah mampir :D *hug*

      Delete
    2. eh kok malah Tia sih, Nadia harusnya >,< maaf ya aku salah ketik :p

      Delete
  16. dokter nyuruh pake sabun oilatum. oilatum lho, bukan oilum! so far so good

    ReplyDelete
  17. hai, salam kenal. Aku juga penderita dermatitis atopic, untuk sabun mandi aku pakai johnson’s baby milk bath yg cair, n sjauh ini cocok2 aja. Aku bingung cari pelembab wajah ni, kulit wajahku suka bruntusan gitu kalo kena debu dan sinar matahari. Selama ini udah nyoba macam2 pelembab ga ada yang cocok. Tertarik nyoba physiogel lotion, itu bisa dipakai di wajah jugakah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama, hehe. iya kulit muka badan semua rewel banget.
      untuk muka aku bisa pake physiogel atau wardah moisturizing gel ^^ selama ini 2 produk itu cukup nyaman di kulit aku dan gak nambah iritasi ~
      thanks for coming~

      Delete
  18. Seru deh baca tulisan yang ini (:

    Eh iyah sis, klo "facial foam Nivea" sama "pelembab muka sparkling white nya Nivea" kira2 cocok nggak buat penderita eksim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ya dah mampir :D
      wah kurang tau ya sis karena aku belom pernah coba pake sabun muka dan pelembab muka sparkling white nivea xD
      aku menghindari segala macam jenis whitening sis ^^

      Delete
  19. Tulisannya bagus, rapi, menarik dan tetep berguna sekali sis.. aku 2 bulanan ini kena eksim yang kambuhan terus..di badan pula. Sama dokter udah disuruh pake lotion, tapi aku ga betah pake lotion di badan suka lengket gitu ga sih? klo mandi aku pake sabun dream honey bodywash. Dulu sebelum sakit eksim, abis mandi pake sabun itu berasa udah pake lotion, lembut banget. sekarang udah ga selembut dulu..mungkin emang kulit aku yg mulai ilang kelembapannya makannya eksim nya kumat ga sembuh2.. makasih ya sis udah sharing pengalamannya aku mau coba produk2 lotion yg kmu rekomen diatas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya eksim emang bikin kulit jadi kering banget sis x.x
      makasih ya udah sharing, senang kalo bisa membantu >,< moga cepat sembuh ya ^_^

      Delete
  20. Aq jg kena eksim.dan itu katanya penyakit turunan.kalo gatalnya dtg aq pake salep cina.lumayan ampuh,mereknya pi kang shuang

    ReplyDelete
    Replies
    1. really? makasih ya atas masukannya, mungkin next time bisa aku coba :)

      Delete
  21. Salam kenal mbak..aku dewi. Kmren abs ke dokter dikasi tau kena folikulitis jd kulitkusensitif bgt skrg. Sempet ganti pk sabun bayi johnson pink eh kata dokter kl buat muka sensitif jgn sabun bayi tp aku dikasi sabun ceraklin. Mahal sih. Udah sebulan lbh msh radang. Skrg mau aku gnt semua produkku pake khusus kulit sensitif. Kalo produk kyk the body shop atau oriflame pernah coba gak? Yg aloe vera itu. Sampe kulit kepala juga gatelnya. Repot yee..kl lg radang gt boleh g sih ngolesin pelembab sunblok gt? Aku dikasi obat oles antibiotik sama anti jamur dan kalo kerja kumus2 banget cm pake itu jd kyk abs difacial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik konsultasi sama ahli dermatologis / dokter kulit aja sis, karena aku juga gak gitu ngerti soal penyakit kulit. Kebetulan yang aku derita eksim aja, jadi ngerti soal itu dikit2 >,<
      kalo aku sabun bayi emang buat badan aja. Kalo buat muka aku lebih nyaman pake dee dee facial wash.
      Gak pernah pake perawatan muka dari oriflame atau TBS juga, lagi gak berani coba macam2 :)
      biasanya sih pas kulit aku sensitif aku emang hentikan semua produk kimia dan pake pelembab kayak physiogel aja...yah tiap kulit beda-beda ya, tergantung orangnya masing-masing...
      makasih ya dah sharing, maaf nggak bisa bantu banyak >,<
      get well soon sis :D

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Aku baru tau kena eksim, memang sih dari kecil sensitif, cuman gak tau bisa meradang jadi eksim padahal tanda2nya jelas. Ini udah 2 minggu gak ilang - ilang, jadi jelek bgt *mau nangis jdnya* aku dah coba obatin... tapi gak ilang2. Bahas lagi dong kak tentang perawatan buat kulit super sensitif... karena aku sendiri gak jago ngerawat kulit sensitif ini. Thx kak, btw nama saya Nia.

    ReplyDelete
  25. Aku baru kena eksim nih, udah 2 minggu dan baru tau ini penyakit namanya eksim. Kaget bgt baca artikel di sini gak ada cara nyembuhin secara total... ini gatel2 meradang ke seluruh kulit, untung muka gak kena sih. Secara awalnya saya gak peduli ma kulit sekarang jadi panik kena eksim, ini karena baru2 kena aku baru ganti sabun jd baby punya... kira2 apalagi ya? Makasiiih bnyk kak... artikel ini sangat membantu T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku keliling ke dokter2 kulit, katanya mau sampe keluar negeri juga tetap gada obat yang bisa nyembuhin secara total T.T
      Ini emang penyakit bawaan jadi bisanya dicegah dan diminimalisir aja.
      Jangan stres, jangan sampe panas2an/kedinginan ekstrim atau keringatan (tiap keringetan cepet dilap). Trus kalo mandi juga jangan lama, jangan discrub kasar2 juga. Sering2 pake body lostion dan banyak minum air putih. Yah macem2 sih buat tiap orang beda2 tapi ya kamu coba googling aja ^^
      Coba sabun mandi johnson&johnson milk bath deh sama body lotion jergen :D
      semoga cepat reda ya kulitnya...kalo bisa ngadem di ruang ber-AC terus sampe pulih kulitnya, biasanya aku gitu. Jangan langsung mandi pas suhu badan panas ^^

      Delete
  26. Ikut nimbrung..
    Aku ternyata kena eksim dari kecil. Tapi baru sadar waktu SMA. dan anehnya lagi, keluarga gak ada yang kena diabetes, asma atau jantung. Lah, trus kenapa aku bisa kena eksim ya?
    berobat pe kemana2..dari yang kimia pe yang herbal,gak ada yang manjur. -_-
    sempet nyerah. trus terakhir priksa, dikasih obat namanya Inerson. itu salep. kalo diolesin, gak berasa panas. adem2 aja. Gatelnya gak bisa langsung ilang. tapi setelah 5 menitan baru bisa ilang. Dan..kalo gatel PANTANG digaruk. karena itu bikin gatelnya merambah pe mana2. dan bisa merusak jaringan kulit.
    -_-
    cukup oles Inerson dan nahan gatel bentar. :D
    dan biasanya kalo eksim tu punya banyak bekas luka. olesin aja Melanox..
    ya walopun lama tapi yang penting bisa ilang bekasnya. hehhehe
    *maaf ya puanjang banget. curhattt

    Mb.Raisa makasih infonya. sering2 ya berbagi ttg dermatitis atopik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa ya pake melanox? boleh deh next time dicoba kalo pas kulit gak rewel :))

      sama sis, aku juga obat andalannya Inerson. Ada macem2 juga sih, tergantung dokter. Tapi yang paling cocok dan selalu siap sedia ya Inerson, kalo obat minumnya interhistin~
      makasih udah mampir dan sharing yaa <3
      thanks thanks ^__^

      Delete
  27. Aku juga kena eksim. dari kecil dan keluarga gak ada riwayat asma jantung ato diabetes. hade....
    trus aku kena nya darimana ya?
    Nah..aku mau share pengalamanku.
    kalo gatel, aku olesin salep Inerson. Gak kerasa apa2. Dan gatel gak langsung ilang. Tunggu 5 menitan. baru deh ilang.
    Oles salep dan nahan gatel bentar. :D
    pantang digaruk ya. karna itu bikin gatel merambah pe mana2 dan bisa merusak jaringan kulit.
    Dan biasanya penderita eksim tu punya bekas luka. Kalo aku cukup oles Melanox. Harus sabar tapi. hehehhe
    Lebih gregetnya lagi, aku punya bakat Keloid. -_-
    harus hati2 bener ni ngerawat kulit.
    *maaf panjang amat. curhatttt..hehehhe

    Mb.raisa makasih infonya. Jangan berhenti berbagi info ttg eksim yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa curhat panjang lebar sis ^^ Thank you udah sharing ya ^^
      maaf baru baca komen ini huhu jadi baru balas :D
      #sendwarmesthug
      gws ya ^^ dan tetap semangat!!! ^^

      Delete
  28. ternyata tidak hanya aq yang menderita ini penyakit..T,T #bahagia n terharu. hahaha... aq dari SMP smp umur 24th skrg y ga ilang" biarpun udh ke dokter n pakai herbal.. kl aq eksimnya di telapak tangan n telapak kaki..kadang malu u/ salaman sama orang..jadinya menghindar dh..#pathetic...
    Produk yang selalu aq bawa di tas NOROID shoothing cream lumayan mengurangi kering parahx.. belix di kimia farma wkt itu.. kl u/ pagi,sore,malam pake obat racikan dokter ato moisderm 10% urea..kalo lg gatel kadang minum obat ato didiemin aja smp merah".
    Seneng bisa berbagi n makasi infonya..=)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah thanks ya infonya ^^ bisa tu dicoba kapan2 >,<

      semoga penyakitnya segera 'kelar' ya :D Soalnya denger2 ada yang seiring bertambahnya usia, dia ilang sendiri alerginya. Semoga oh semoga :))

      seneng juga jadi nambah pengetahuan dari temen2 semua <3

      Delete
  29. makasih bgt! infonya sangat berguna..kebetulan aku juga kena eksim..tapi di pipi :'( parah bgt.. udah berobat ke dokter..sempat sembuh..tapi pas obatnya abis jadi kambuh lagi :( aku mau coba beberapa produk yang sudah dianjurkan di atas..semoga bisa meminimalisir si eksim...makasih banget infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku juga suka ada nongol di muka, biasanya dikasih inerson 2x sehari habis muka dikasih pelembab, besoknya udah reda kok :D
      Jangan sampe panas2an atau stress aja, sis. Aku sih gitu. Sabun muka juga cari yang paliiiiiiiing mild, jangan yang kayak biore, ponds dsb karena kadang suka bikin kering dan iritasi *bersyukurlah yang kulitnya nggak ribet ya*
      Aku sih pake Dee Dee Facial wash aja, terus pake pelembab yang nggak mengandung banyak pewangi/pewarna/alkohol/ethanol *sukur2 yang bebas semua itu*. Intinya cari yang bikin reaksi negatif apa2 di kulit :)
      kalo kambuh terus, pasti ada 'sesuatu' yang jadi pemicunya.
      Semoga cepat sembuh ya dan kambuh2 lagi.

      Makasih udah mampir ^^

      Delete
  30. Matur Suwun Banget informasinya ...Aku Kena Penyakit Ini Baru Kali ini...di Umur 27 Taun...,,,sungguh menjengkelkan...
    sekali lagi makasih infony

    ReplyDelete
  31. Aku sering banget di muka :(
    kalo udah kena panas pasti langsung merah2 dan ada bruntusan :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aku juga :') makasih y dah ikutan sharing disini ^^

      Delete
  32. Aku baru kambuh lagi nih di muka, padahal kemarin udah sempet mulus lagi.. tapi mungkin karena beberapa hari ini panas2an, langsung ada bruntusan dan merah2 lagi..
    padahal udah pake sunblock :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gws ya Agnes :D Usahakan jangan panas2an dan nggak digaruk ya ^^

      Delete
  33. Kulit gatal amor mau mati, kalo di garuk hitam n mengelupas, bersisin mengelupas...
    Itu eksim bukan? Udah lebar banget di leher :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya coba ke dokter aja ^^ biasanya tiap orang kan kondisi kulit dan dosis obatnya beda2 ~

      Delete
  34. OMG... Ternyata bukan aku aja yg ngerasain.. Dr kecil aku udh kena nih penyakit,tp dr dulu berobat ksna kemari g sembuh total,dr.kulit pun blm pernah bilang ni kulit penyakit apa.. Tp dr gejalanya aku kayaknya punya penyakit ini,soalnya lebay bgt ini kulit.. Emang kalo yg g ngerasain akan nyepelein penyakit kita ini,apalagi kalo sang calon aku komen nya "udahlah gpp.. Yg penting aku nrima" tp kan kita sbg cewe pngn gitu ya pnya kulit mulus.. Dambaan smua wanita.. Tp untungnya aku kalo kambuh cm di tangan,kaki..tp skrg merambah ke badan..ke muka g pernah sih.. Dr kluarga pun g ada penyakit turunan kyk diabetes dll.. Aduuh sedih bgt emang ya kalo badan kita g mulus.. Aku sih slama setaun terakhir ini pake sabun dove cair g begitu sering kambuhnya,tp ya gitu td kalo aku stress,kena debu,panas2an benerr bgtt suka langsung kambuh.. Apalagi cm mandi sehari sekali,suka banyak bgt merah2 dan gatel2nya.. Aduuuh raisaa makasih bgt post nya.. Jd ngerasa ada tmn.. Hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kok, emang ini penyakit rese tapi ya sudah lah tetep bersyukur aja asal masih punya kulit ^^
      makin dipikir makin stress loh jadi mending bawa santai aja :')
      makasi ya dah mampir dan sharing disini ^^ kamu beruntung punya orang yang mau terima kamu apa adanya hehe :D
      have a nice day!~~~~~

      Delete
  35. Hi Raisa, love reading your blog... Banyak info2 keren di sini. :)
    Mo nanya soal Physiogel Lotion nih, itu bisa dipake buat cegah atopic dermatitis ga sih? Soalnya kan cowoku punya atopic dermatitis tapi suka maen ke pantai. Kasian banget kalo harus berteduh terus padahal yang lainnya panas2an. :D Ato mungkin ada saran gimana baeknya? Selain berteduh atau pake payung lho ya. Hehe..
    Makasih banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, thanks ya <3 <3 <3
      Mmm, menurut aku si kalo mau menghindari dermatitis atopik itu ya hindari pemicunya :D Kalo pemicunya panas artinya ya...harus hindari panas2 :( nggak ada saran lain, kecuali mau nahan gatelnya dan minum obat setelahnya :p
      Physiogel bukan obat buat dermatitis ya say, dia cuma untuk mengurangi resiko kulit kering dan membantu mencegah rasa gatal akibat kulit yang ngelupas atau super kering, karena eksim/dermatitis biasanya kulitnya kering/dehidrasi ^^
      semoga membantu dan kalo pengen lebih lanjut ke dokter aja, soalnya tiap orang kan kondisi kulit dan pemicu alerginya berbeda ~ semoga membantu ^^
      makasi dah mampir~~~~~~~~

      Delete
  36. Hai saya Liana... Sy jg eksimm nih :( ud dr kecil,tiap abs mandi muka merah2 ga jelas.dipundak sampe bonyok di garuk terus :(, untungny semakin kesini ny agak mending, cuma y itu kl panas,debu,stres, mulai kyk "monkey" garuk sana sini... N 1 lg ga bisa banget kena parfume :'(...
    Kalo lg dateng gatel ny di lipetan tangan,punggung,leher biasany saya pake skizon.. Ga lama lgsg ilang tu gatel... Tp y itu, kumat2an ...
    Sabun harus pake yg sabun kambing2 gitu, ga bs pake sabun semacem bi*ore dll,pelembab muka juga ga bs sembarangan krn bikin muka perih n panas :(
    Selama ini cuma dikira2 aj kykny g kena eksim, ternyt emang beneran guwe kena eksim X_X
    Tengkiyu yak infonyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Liana, salam kenal :D Eh Skinzo ya? Dapat darimana tuh? Kasih tau donnggg :D Thanksss~ hehe

      Delete
  37. Hi salam kenal :)
    Ternyata cerita kmu sama kayak aku yah. Aku jg eksim sampe ke muka2, kayak jerawat kecil2 banyak, mengganggu banget! Bener banget, orang2 disekitar pasti sangka kita lebay, krn ga bole kena panas lah, stress dll. Duh ribet banget.
    Aku pernah ke dokter kulit di daerah jembatan 5, jakarta. Kata dokter, eksim itu ga bisa disembuhin, dan yg pasti ga bole kena panas, debu dll. Dan aku dapetny krn keturunan soalnya adekku kena asma semua, tapi yg asma di kulit cuma aku.
    Dikasih obat Roaccutane, itu obat bener2 ampuh banget. Muka n kulit badan ku langsung halus, jerawat2 langsung kering cuma dlm hitungan hari. Betul2 hebat itu obat. Lalu co ku punya sodara rupanya dikasih obat itu jg n dya selidikin obat itu ternyata ada efek sampingnya. Efek sampingnya bisa kering-in rahim. Hargany cukup mahal, sebutir Rp.10.000,-.

    Kunjungan berikutnya ke dokter itu, aku tanya' dok katany roaccutane itu efek sampingnya bisa keringin rahim ya?' (dgn polosnya)
    trus dokternya agak kesal gt, dya bilang ' siapa bilang, buktinya mana, itu roaccutane yg dikasih dosisnya kecil'. Ya udh aku diem aja. Tapi waktu itu aku tetep beli resep roaccutane nya.

    Kebetulan lg haid, aku minum obat itu, lho kok baru hari pertama haid kok bsok an nya kykny udh mo udahan haid nya. Udh bbrp x seperti itu jg.

    Akhirnya aku stop itu obat. Hiks padahal manjur banget.

    Skrg ini aku bersihin muka pake Cetaphil gentle cleanser, itu juga bagus untuk penderita eksim. Untuk bersihin makeup aku jg pakenya yg cleansing oil DHC/ Kose softymo. Klo BB cream aku pake Missha. Klo di badan pake sabun mandi yg biasa aja. kecuali klo lg mau kambuh eksimnya, aku pake Loccitane krn gak ngandung detergent.

    Kalo muka/ badan lg gatel2 gremet2 gt, aku pake oatmeal.
    Caranya aku lihat di youtube: Oatmeal merk apa aja, basahin dgn air hangat sampai lunak, peras airnya. Nah air nya itu aku olesin ke kulit yg eksim, buat meredakan gatal nya. klo kering aku olesin lg. pas mo tidur baru cuci muka pake cetaphil. Kadang2 aku jg mandi pake oatmeal, aku gosok2 ke badan semua sekalian buat scrub. Kulit jg jd lembab krn pakai oatmeal.

    Ada yg taunya eksim itu alergi, trus bilang gini' klo alergi justru musti jgn pantang, jadiny klo ga bole kena panas, justru musti kena panas biar kebal'. Aduh, mereka ga ngerasain sih gmn rasanya eksim, makany enak aja ngomongny. gatau penderitaan org. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh serem banget ya, obatnya.
      Salep kortikosteroid juga kalo dipake jangka panjang efeknya nggak bagus banget, makanya biasanya aku kasih jeda beberapa minggu nggak kasih obat apa2, dirawat dengan kasih lotion kayak Dove aja, buat ngehindarin kulit kering.


      Wah aku juga penasaran banget lho sama Cetaphil tapi harganya masih nggak nguatin lol
      Samaaaaaaaaaa haha., iya say aku juga pake oatmeal loh. Aku tambahin madu dan evoo juga biasanya. kulit jadi lembabbbb banget <3

      Wah emang susah sama orang yang nggak ngerasain gatalnya dan malunya nanggung bekas eksim itu gimana (apalagi buat cewek) :( Dulu sih bete tapi sekarang yah pasrah dan cuek aja :D Makin dipikir makin bikin stress sih, haha

      Maaf baru bisa balas sekarang ya...terima kasih ya udah sharing disini.
      Semoga bisa saling membantu dan jadi info tambahan juga buat temen-temen lain ^^
      get well soon dan jangan pernah nyerah ngelawan eksim yang menyebalkan!!!

      Delete
  38. Hai.. Salam kenal
    Aku gak sendirian dan ada orang lain yang ngerasain repot plus gak enaknya penyakit kulit ini. Apa dee dee facial wash bener-bener cocok untuk semua atopik? Aku takut nyoba lagi karena belakngan jerawatku nambah di bagian sekitar hidung dan itu perih plus kering di tambah kulit di sekitarnya mengelupas. aku nyoba balik make sabun bayi my baby tapi kayanya malah bikin makin kering. Aku juga udah nyoba bawa ke dokter dan bolak balik, awalnya krim dan salep yang di kasih manjur. Wajah sempat mulus tapi beberapa bulan kemudian jerawat ini nongol lagi :( bahkan sekarang kayanya krim dan salep itu udah kebal karena gak ada efek yg bikin mendingan.
    Aku udah hampir mau menyerah ke dokter dan bolak balik.
    Dokter belum menganjurkan memakai pelembab wajah karena bakalan bikin makin berjerawat di masa-masa puber kayak gini. Kadang karena frustasi aku coba kompres wajahku dengan air dingin karena sudah habis akal.
    Thx for sharing yaaa... mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sekarang aku udah nggak pake dee dee lagi ^^
      Sekarang sudah beralih ke hadalabo, hehe
      Cocok soalnya nggak bikin kulitku perih atau kering. Sama sunblocknya udah cocok sama skin aqua.
      Jerawat memang menyebalkan ya sis. Aku juga ngalamin tapi aku usahakan nggak dipencetin hehe. Muka juga harus rajin dibersihin tapi nggak pake yang bikin kulit kering. di scrub juga pake oatmeal. Biar kering, justru harus telaten dibersihkan karena banyak numpukin sel kuit mati ^^

      Ke dokter emang nggak bisa sembuh total sih...
      berjuang terus dan jangan stress yaaaaaaaa biar nggak makin parah :D
      Semoga cepat sembuh dan mari berjuang sama2 :D

      thank you dah berbagi disini~

      Delete
  39. kak salam kenal aku aulia. aku juga mengalami kulit sensitif sayangnya aku dibagian wajah,setiap habis memakai bahan kosmetik mukaku jadi kering banget(emang dasarnya udah kering sih hehe)dan timbul kayak jerawat item gitu dan mengalami bruntusan gitu. aku habis baca blognya kakak, skrng aku udah pake dee dee facial wash yang anggur sama untuk pelembab aku pake wardah.. tp setelah pake dee dee kok tetep kering ya mukaku dan gatel gitu, atau mungkin krn dia ada parfumnya ya... dan pake wardah sih lumayan hehe tp agak perih setiap di pake. mau tanya dong, kalo physioghel itu bisa ngga dipake diseluruh muka dan untuk sunblocknya ada rekomen nggak dari kakak hehe makasih sebelumnyaaa ^^

    ReplyDelete
  40. salam kenal aku aulia hehe aku juga menderita kulit sensitif tapi sayangnya aku dimuka (huaaaa) , setelah baca blog ini aku langsung pake dee dee facial wash yang anggur tp kok mukaku jadi tambah kering dan gatal gatal ya kak, mungkin krn ada parfumnya ya.. lalu pake wardah , lumayan enak sih cuma agak perih gitu kak setiap dipakein ke muka.
    kak, kalo sunblock gitu buat muka sensitif dan superkering itu yang baik yang gimana ya.. terus kalo physiogel gitu boleh nggak dioles dimuka ? terimakasih kak sebelumnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dear Aulia xD Makasih ya udah mampir di blogku :D
      Wah sama dong, tapi aku banyakan di badang alerginya haha
      iya, aku sih pakenya juga ganti2 sebenarnya. cocok2an, masih berjuang cari mana yang paling cocok. kalo kamu ikutin terus blog aku, kamu bisa tau kok kalo produk yang cocok sama aku 'berkembang' hehe :D

      Untuk sekarang, aku lagi nyaman banget sama produk Hadalabo.
      Facial wash, toner dan milk lotionnya aku pake Hadalabo (facial wash yang shirojyun, sedangkan yang lainnya gokujyun).
      Sunblocknya aku pake Skin Aqua yang untuk kulit sensitif. Bedaknya bisa pake tabur aja, lebih ringan. aku pake bedak Marcks' atau Wardah Luminous Loose Powder.
      Semoga membantu ya. Usahakan aja cari produk yang ringan dan nggak mengandung alkohol atau pewangi. Kalo susah,cari yang seminimal mungkin mengandung pemicu2 kayak alkohol, pewangi, ethanol, mineral oil atau paraben.

      Physiogel itu untuk kulit sensitif, jadi bisa dipake untuk seluruh muka dan badan.
      Semoga membantu ya. Get well soon ^^

      Delete
    2. badang itu typo, harusnya badan haha :p

      Delete
  41. HaI Raisa, salam kenal aku yesthi
    kamu samaaaa bgt kaya aku, aku juga eksim semenjak skripsi, sampe sekarang gabisa sembuh, kurang lebih udah jalan 3 tahunan.
    udah ke dokter sana sini, ya ga sembuh juga, kambuhan terus apalagi kalo stress, panas, sama makan telor..
    obat andelanku juga inerson, dan gabisa jauh-jauh.. tapi suka khawatir kalo mulai ketergantungan.. tapi emang inerson ajaa yang bisa ngertiin heheh gatel ilang, trus kasar sisiknya eksim juga ilang..

    aku sabun mandi udah pakai dove, atau leivy,, cari yang bener2 lembut dan banyak pelembab.
    alhamdulillah ga sampai ke muka, jadi masih aman pake garnier atau nivea
    tinggal handbody nih, biasanya pakai nivea atau vaseline, sama tbs.. pengen coba dove,,

    aku kalo udah gatel, langsung perih, bersisik, menderita bangeeettttt x_x
    trus langsung merah-merah bahkan luka karena aku gabisa nahan buat ga garuk..

    kulit kamu berbekas item-item gitu ga? gimana yaa cara ngilanginnya
    aku ada rencana ke dokter alergi.. soalnya dokter kulit ga mempan..

    anyway, thanks for sharingg yaa, senang karena tidak sendirian ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama say, bekas2nya juga masih belom ilang karena emang masih bolak balik kambuh :')
      Semoga suatu saat kita nemu caranya dan bisa sharing disini ya say~
      Thanks udah mampir dan berbagi disini. Get well so soon ^^
      Yes, u r not alone!!! #sendingwarmesthug

      Delete
  42. Hai Raisa, physiogel lotion itu belinya di mana ya trus kisaran harganya berapa, aku sejak melahirkan anak ke-2 kena eksim kering, sama dokter ga boleh pake lotion yang mengandung pewangi, biasanya aku pake charmed urea 10% (belinya di K-24) atau soft U derm (adanya di century), tapi itu juga suka susah dapetnya.
    Sekedar sharing aja beberapa kali tiap kambuh, aku rajin minum jus wortel tanpa gula tiap pagi & sore, dan sembuh sih, tapi teteup kambuhan juga nih penyakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kumon maaf baru bisa balas sekarang ^^
      pacarku beliinnya dulu sih di K24 Yogya, tapi sekarang aku kurang tau juga hehehe, udah nggak pake lagi soalnya susah nemu di Palangkaraya ini.
      Makasih banyak ya udah sharing ~ ^^

      Delete
  43. Ternyata gak aku aja yg nyesek sm gatel2 eksim ini ... sekedar sharing aja nih untuk sabun waktu cek k dokter kulit aku disuruh pake oilatum dan untuk lotion aku pake Noroid soothing cream.. alhamdulillah berguna bgt klo lg pas gatel2 nih kulit cuma harganya lumayan yah si Noroid ini dan syuusah carinya klo lg pas habis tuh jd kadang klo lg pas habis n blm smpt beli aku pake body lotion yg Dove biru lumayan lah cuma baunya itu loh gak enak bgt sm klo pas sabun oilatum habis aku pake body polish TBS ... skrg gatelnya sih udah ada senjata ampuhnya cuma bekasnya ini msh pda membekas... ada yg sudah berhasil menghilangkan bekas gatelnya ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih banyak ya udah sharing ^^
      waaah apa niih senjata ampuhnya??
      aku mau dong dikasi tahu senjata ampuhnya...apa cuma losion itu sama sabun itu doang senjatanya? :p
      thankss yaaa Safitri, udah mampir ^^

      Delete
  44. Hai raisa & jg yg lain... tau gak dokter kulit dimana yg bagus utk eksim plus enak diajak konsult? Hbs rata2 SPKK bnyak jg yg jutek jd males konsul hehehe.... Kalo sy kena eksim justru pada saat hamil & jd parah stlh melahirkan krn sy garuk2 & jd infeksi parah. Kadang kulit nya kering bgt trs jd merah spt terbakar & smp keluar cairan or darah ':( Akhir2 ini lg perih bgt2 smp saya nyerah mau ke dokter mana aja yg baik deh:) BTw thanks bgt utk info sharing nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Hani lokasi dimana? Saya lokasi Palangka Raya :) Saya udah coba di Banjarmasin dan Yogyakarta, rata2 sama sih, cukup ramah cuma ya penyakit ini nggak gampang disembuhin permanen oleh dokter :)
      Maaf nggak bisa banyak bantu dan makasih juga udah sharing disini ^^v Barangkali ada temen yang bisa bantu?

      Delete
    2. Saya di Jakarta Raisa... Bersyukur ya km dpt dokter yg cukup ramah, tp Alhamdulillah kmrn2 sy ke RS pemerintah malah dokter2nya lmyn ramah & eksim ku jg lumayan baikan, smg bisa sembuh total ya Amin... Temen2 yg kena dermatitis ini smg tetep semangat & jangan minder ya :) *saya sempat minder sblm nya*

      Delete
    3. aminnn iya mbak sekarang belajar cuek bebek aja sih, daripada pusing dan eksim dan malah nambah. semangat selalu dan semoga lekas sembuh yaa

      Delete
  45. Salam kenal Raisa & yg lain... ada info gak SPKK dimana yg bagus utk eksim? Mengingat eksim sy jd parah stlh kena infeksi jadinya kadang kering lalu merah2 spt terbakar/koreng bahkan kadang keluar cairan & bdarah ':( Sudah ke dokter tp belum sembuh nih HELP donk... Btw ada gak ya grup utk kita2 yg kena eksim, biar bisa saling b'bagi (kyk kamu ini)... Oh iya sy pernah baca katanya teh oolong bagus utk penderita eksim loh, tp susah kali ya carinya. Btw thanks for info sharing nya ya Raisa :)

    ReplyDelete
  46. yang bisa ngatasin kulit eksim aku cuma body wash Dove, leivy itu ttp aja bikin kulit ak kering... sabun dove sama sabun bayi batangan lbh lembab yg dove , me likey pokoknyaaaa :) ga mau ganti lg ~ terjangkau lg ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enaknya, aku malah nggak bisa lagi pake DOVE *dulu pernah sempet pake beberapa lama tapi abis tu gak cocok lagi*
      Makasih udah sharing ya <3

      Delete
  47. Waaahh kalo aku sma dokter didiagnosa DKA (Dermatitis kontak alergi) sampe sekarang belum nemuin skincare yg cocok, pake facewash pun ngga pernah.. kulitku tipis banget sampe urat-uratnya pda keliatan.. bruntusan dan suka panas rasanya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sampe segitunya ya sis, turut prihatin >__< pasti ga ngenakin banget rasanya tu.
      semoga cepet sembuh ya..
      aku juga agak tipis gtu kulitnya, kering banget pula. cuma aku pake produk hadalabo jadi jarang ada masalah sih kecuali komedo dan jerawat.
      terima kasih udah sharing ya say :)

      Delete
  48. mbak aku juga lagi kena exim kayaknya udah 1 minggu, soalnya pipi kanan dan kiri ruam merah dan gatal, sudah pake salep hidrokortison 1% ngak bisa juga. hiks. jadi salep apa yang majur untuk exim ya mbak raisa ?? terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku si nggak mempan pake hidrokortison, bisanya pake salep inerson :) coba tanya di apotik deh, atau ke dokter aja biar lebih akurat *daripada aku sotoy*
      biasanya aku kasih pelembab juga, biar gak makin parah.
      GWS ya say :) Semangat!!!!!!!!!!!!!!!!

      Delete
  49. hai mbak ak juga kena exim kayaknya pipi kanan dan kiri ku ruam merah dan gatal, bersisik. salep yang ampuh apa ya mbak untuk ngilangin exim ? terima kasih sayyy ^_^

    ReplyDelete
  50. hai mbak raisa aku juga kena exim kyaknya pipi kanan dan pipi kiriku ruam merah dan gatal salep apa yang bagus untuk pipi yang kena exim ya mbak ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk obatnya masing2 orang beda say, langsung cek ke dokter ya :)

      Delete
  51. Kak raisa, kalau musim dingin atau hujan. Penyakit dermatitis sering kambuh. Bagaimana cara untuk menangani kambuhnya pada musim dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran aku sih periksakan ke dokter karena bisa jadi kamu alergi sesuatu dan dermatitis juga kecendrungannya macam2, aku bukan expert ya jadi cuma bisa sharing disini ^^
      Biasanya aku selalu rajin pake pelembab yang mild dan pake sabun mandi yang nggak bikin kulit kering. Ya kayak tips2 yang udah kasih di postingan itu aja :)
      Semoga cepat sembuh ya~! ^^v

      Delete
  52. makasih,,infonya bermanfaat banget,,,saya juga penderita eksim dari saya lahir katanya,,,
    sejak kuliah setia dengan produk baby,,,cm tiap kali ruam bekasnya g ilang2 jadi nambah terus di sekujur badan,,,

    ReplyDelete
  53. Raisa..pake hadalabo ga bruntusan/jerawatan ya? aku jg kena eksim, tadinya pinggul doang, tapi trus seputar dagu jg hiks.. pengobatan jerawat dari dokter jg bikin eksim makin2 aja..

    aku sempet coba hadalabo bikin bruntusan jerawatan nih..syediih, mukaku tuh berminyak tp kering ngelupas ga jelas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :D Aku pake hadalabo cuma pas malem aja dan nggak banyak2 :)
      Kalo lagi nggak kering akut aku pake tonernya aja. Pas kering banget baru Toner + Milk. Untungnya nggak kenapa2 lagi sama aku, kemaren kayaknya sempat salah pake *kebanyakan* hehe

      Delete
  54. Pagi sis..saya ibu dr anak laki2 umur 10 th.udah 3bln anakku gatel 2.paling parah di kaki n tgn bentol merah dan kulit di sekutarnya mengeras.sdh kedokter kulit ga sembuh n ke dr alergi ga sembuh jg .dokter tdk blg apa2 hanya alergi makanan.tp sdh diet jg tetep gatel .kasihan bgt kalo gatel jd ga fokus belajar.apa obt salep yg sis pake bs utk anak 2? Dokter hanya kasih salep dermatop .tolong di bantu infonya ya tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak :) Mohon maaf sebelumnya, saya disini sharing sebagai orang awam tentang pengalaman saya aja, soal produk yang saya pake selama ini biar eksim nggak tambah parah. Saya sampe detik ini masih ngalamin eksim kok jadi bingung juga kalo ditanya obatnya. Saya ke dokter pun ngasih obatnya resep yang kurleb sama aja semua.
      Saya juga masih gatel2 kok seringnya, jadi maaf nggak bisa bantu kasih saran obat apa yang baik, terlebih saya bukan dokter kulit yang bisa kasih resep dan saya sekarang belum punya anak. Coba konsultasikan ke dokter aja ya, biar lebih aman ^^ Thank you and GWS buat anaknya ~ :')

      Delete
  55. aku punya penyakit diabetes, banyak banget bekas luka alergi yang menghitam, hilangin pake apa ya??? Jelek nih mana banyak di muka lagi :(

    ReplyDelete
  56. aku punya penyakit diabetes, banyak bekas luka gara2 alergi dimuka yang menghitam, cara ngilanginya bagaimana sih?? Mohon bantuannya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sis, mohon maaf saya disini hanya sharing ritual saya demi mencegah eksim tambah parah, bukan nyembuhin dan saya juga nggak ada pengalaman diabetes apalagi bekasnya gimana saya nggak ngerti gimana, huhu... Lebih baik konsul ke dokter aja ya, yang lebih ngerti :)
      Saya hanya share soal pengalaman eksim. Maaf nggak bisa bantu banyak. Gws sis :)

      Delete
  57. Aaaaaaa jadi eksim itu dikarenakan orangtua ada yg sakit asma,diabetes atau jantung ya -_- dokter slama ini kooo ga ksh tauya, mreka cm bilang asma aja.... Huaaaaaa papaku turunan diabetes, dan aku sudah 5th ini gatel ilang timbul terus, gatau nih badan kaki jadi kaya apa banyak bekas gatel, sudah berobat ke bbrp dokter dan bahkan pengobatan chinese, tp obat. Habis gatelpun muncul kembali. Hikshikshiks... Mreka bilang ini faktor psikis, ga akan bs disembuhkan hiyaaaaaah :"( ... Thx infonya kaka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're not alone dear :') Get well soon yaa~

      Delete
  58. Mau tanya, kan saya beli sabun baby johnson bath warna biru bukan yang milk. Apakah itu baik untuk wajah? Mohon pencerahannya.
    Trrima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mohon maaf saya nggak pernah coba jadi kurang tau ya :')
      menurut saya sih sebaiknya cari sabun muka aja, bukan sabun bayi yang buat badan.

      Delete
  59. hai unnie, aku juga punya kulit sensitif. dikit dikit gatel gatel. tiap bulan sekali ada aja gatel yang kambuh. kalo makan makanan laut pasti gatel , udah ke dokter mana mana tetep aja ga sembuh total. aku juga pake produk produk bayi buat kulitku. kalo ngilangin bekas bekas hitam gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, sama punyaku juga masih perjuangan ngilangin alerginya dan bekas hitamnya masih bercokol huks.
      nanti kapan2 deh saya update kalo ada perkembangan yang lebih baik, terima kasih ^^

      Delete
  60. hai eonni , aku juga punya kulit super sensitif. dikit dikit gatel. dari kecil kulitku sensitif, apalgi makan makanan laut pasti langsung gatel semua. ada aja tiap bulan gatel gatel pasti kambuh, entah itu ruam merah, bintik bintik merah dll. Udah ke dokter mana mana, tetep ga sembuh total :(. aku juga punya bekas hitam di kaki sama tangan, malu dan ga pede kalo mau pake pakaian yang pendek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaa same like me :( nggak pede juga pake baju2 terbuka soalnya banyak bekas luka ruam2 gatel. semoga cepet pulih ya say :') *pray*

      Delete
  61. Aduuuh senasib banget. Skrg udah gimana? Mendingan ga? Aku jg pake deedee atau hada labo facial wash yg moisturizing (bukan yg whitening). Trus kalo keluar2 gmn, pake sunblock sama pelembab jg ga di muka? Kalo pake bb cream lagi, urutannya jd gmn dong? Kamu pake bb cream apa yg cocok buat jenis kulit kaya gini? Katanya missha m bagus yaa.. thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang di muka udah jauh banget mendingan cuma di badan msaih meriah jadi kalo pake baju terbuka nggak berani. bekasnya keliatan jelek banget, haha :'(
      Missha dulu aku pake, lumayan bagus. Sekarang lagi pake Face It dan cocok ^^
      Kalo kulitnya lagi sensi mending jangan pake apa2 kecuali losion yang emang direkomen dokter ^^

      Delete
  62. akhirnya ada teman seperjuangan. aku divonis kulit sensitif beberapa tahun yang lalu, ya karena riwayat alergi makanan juga sih. pengennya nangis guling-guling krn ga bisa pake skincare yang biasa dpake, terpaksa ganti lagi, padahal udah klop sama skincare yang lama, hahaha. sejauh ini yang saya pakai hampir sama dengan punya mbak raisa. dan saya baru tahu kalau sabun bayi itu busanya ga banyak (korban iklan nih, ngeliat dedek bayi mandi pake busa banyak, *abaikan, haha). nice info mbak, ntar boleh dicoba kalo MooGoo sudah habis :D

    keep writing ya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks yaa udah sharing disini Mbak Tiaraa :D Saya juga senang ternyata saya nggak sendirian hiks :')

      Delete
  63. Aku juga kmrn divonis dokter kena eksim. Trus kata dokter disuruh pake sabun oilatum, trus eksimnya pake cream diprosone. 3 hari langsung ilang eksimnya itu, cuma bekasnya ada sih. Tapi ini bekasnya lama2 memudar juga, 3 bulan udah mulai samar nih bekas luka. Trus kalo muncul gatel2 sebelum parah aku kasih cream diprosone td, jd besok paginya udah hilang deh ^^
    Tapi buat jaga2, mending k dokter kulit aja. Kalau aku langganan sih d Dr.Indrarini,spkk d jalan gajah bandung. Sama itu dokter itu ampuh lho, #justshare :)

    ReplyDelete
  64. Aku juga dlu divonis kena eksim sm dokter. Trus dokter ngasih resep sabun oilatum sm cream diprosone. Berkat cream itu, 3 hari langsung hilang, udah rata aja kulit, cuma bekasnya sih ada. Bekasnya 3 bulan jg udah mulai mudar kok gak pake apa2. Nah trus kalo eksimnya kambuh, sebelum parah, aku kasih lagi creamnya, jd lgsung hilang besok harinya. Sampai skrg jg aku masih pake. Nah kalo dokter bagus biasanya aku k dr.indrarini,spkk, alamatnya d jalan gajah bandung. Aku udah nyoba byk dokter lain tp paling bagus ya dr.indrarini itu
    Aku juga dlu divonis kena eksim sm dokter. Trus dokter ngasih resep sabun oilatum sm cream diprosone. Berkat cream itu, 3 hari langsung hilang, udah rata aja kulit, cuma bekasnya sih ada. Bekasnya 3 bulan jg udah mulai mudar kok gak pake apa2. Nah trus kalo eksimnya kambuh, sebelum parah, aku kasih lagi creamnya, jd lgsung hilang besok harinya. Sampai skrg jg aku masih pake. Nah kalo dokter bagus biasanya aku k dr.indrarini,spkk, alamatnya d jalan gajah bandung. Aku udah nyoba byk dokter lain tp paling bagus ya dr.indrarini itu
    Aku juga dlu divonis kena eksim sm dokter. Trus dokter ngasih resep sabun oilatum sm cream diprosone. Berkat cream itu, 3 hari langsung hilang, udah rata aja kulit, cuma bekasnya sih ada. Bekasnya 3 bulan jg udah mulai mudar kok gak pake apa2. Nah trus kalo eksimnya kambuh, sebelum parah, aku kasih lagi creamnya, jd lgsung hilang besok harinya. Sampai skrg jg aku masih pake. Nah kalo dokter bagus biasanya aku k dr.indrarini,spkk, alamatnya d jalan gajah bandung. Aku udah nyoba byk dokter lain tp paling bagus ya dr.indrarini itu

    ReplyDelete
  65. Aku juga dlu divonis kena eksim sm dokter. Trus dokter ngasih resep sabun oilatum sm cream diprosone. Berkat cream itu, 3 hari langsung hilang, udah rata aja kulit, cuma bekasnya sih ada. Bekasnya 3 bulan jg udah mulai mudar kok gak pake apa2. Nah trus kalo eksimnya kambuh, sebelum parah, aku kasih lagi creamnya, jd lgsung hilang besok harinya. Sampai skrg jg aku masih pake. Nah kalo dokter bagus biasanya aku k dr.indrarini,spkk, alamatnya d jalan gajah bandung. Aku udah nyoba byk dokter lain tp paling bagus ya dr.indrarini itu
    Aku juga dlu divonis kena eksim sm dokter. Trus dokter ngasih resep sabun oilatum sm cream diprosone. Berkat cream itu, 3 hari langsung hilang, udah rata aja kulit, cuma bekasnya sih ada. Bekasnya 3 bulan jg udah mulai mudar kok gak pake apa2. Nah trus kalo eksimnya kambuh, sebelum parah, aku kasih lagi creamnya, jd lgsung hilang besok harinya. Sampai skrg jg aku masih pake. Nah kalo dokter bagus biasanya aku k dr.indrarini,spkk, alamatnya d jalan gajah bandung. Aku udah nyoba byk dokter lain tp paling bagus ya dr.indrarini itu
    Aku juga dlu divonis kena eksim sm dokter. Trus dokter ngasih resep sabun oilatum sm cream diprosone. Berkat cream itu, 3 hari langsung hilang, udah rata aja kulit, cuma bekasnya sih ada. Bekasnya 3 bulan jg udah mulai mudar kok gak pake apa2. Nah trus kalo eksimnya kambuh, sebelum parah, aku kasih lagi creamnya, jd lgsung hilang besok harinya. Sampai skrg jg aku masih pake. Nah kalo dokter bagus biasanya aku k dr.indrarini,spkk, alamatnya d jalan gajah bandung. Aku udah nyoba byk dokter lain tp paling bagus ya dr.indrarini itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you udah sharing ya Mbak Erica :) Semoga bisa membantu temen2 yang ada di Bandung ya, kalo saya di Palangka Raya nih masih susah cari dokter kulit yang pas :')

      Delete
  66. iyah senasib.. aku juga sudah di vonis kulit sensitif. padahal pakai produk ini itu dulu gpp, kok lama" begini. ternyata memang ada faktor keturunan dan daya tahan tubuh yg berubah. skrg aku pakai sabun switzal aja. handbody minyak zaitun mustika ratu. seneng deh liat blog ini jd bervariasi aku bisa tau produk yg cocok untuk kulit sensitif. salam kenal ya Raisa.

    ReplyDelete
  67. hai Raisa, salam kenal yaahh..
    seneng banget liat blog ini, senasib dan paling oke lagi sharing produknya.. ^.^
    aku c masih pakai switzal untuk sabun mandi. dan karna gak boleh pakai parfum, aku pakai parfum switzalnya juga. gpp lah yang penting wangi. hihihi
    untuk deodorant aku malah pakai MBK hahaha gak gatel sama sekali c dan awet juga.. tp jadi pengen nyoba Sanex deh.. hehehe
    untuk lotion aku masih pakai Minyak Zaitun dari Mustika Ratu. tapii, akhir-akhir ini kulitku lagi radang deh.. yaa faktor kepanasan, jadi gatel dan stress deh. haha emank itu harus dihindari. kadang aku suka mikir, ini gatel eksim yg kambuh atau panu sih? hahaha abis aku gak paham. secara baru divonis dokter akhir bulan tahun lalu. aku tanya kenapa bisa jd ada begini, dulu asik" aja pakai apapun. kata dokter perubahan daya tahan tubuh bertambahnya usia. dan ternyata ada faktor keturunan juga. hadeuuhhhh.... menyebalkan..
    sampe dokternya ketawa aku ketakukan panu wkwkwkwk
    thanks ya Raisa info menariknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, seneng banget kalo bisa membantu walo gak banyak :')
      You're very welcome Tabby!
      Iya padahal kulitku kayak badak, sekarang sensiiiii banget hiks.
      Thanks udah ikutan sharing ya ^^

      Delete
  68. Halo Kak salam kenal ya, aku lagi liat review produk2 di blog ini eh nemu post ini, tertolong banget >.<
    Yang aku bingung tuh aku kan emang masih SMA ya, jadi jerawatan dan muka oily banget tapi suka ada dry patches gt (sepertinya kombinasi) sementara kalo badan kering banget. Ada saran kah kak produk atau tips untuk penderita eksim tapi jerawatan? :) Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. produknya udah saya jabarin di atas. untuk yang lain bisa cek label di blog ini, skin care for sensitive skin di sini juga udah saya review produk buat kulit sensitif, saya juga jerawatan kok sis hehe :)

      Delete
  69. sis... mukaku merah banget dan panas itu seharusnya pake apa yabuat menyembuhkan? aku emg pori2nya terbuka sih, tp emg dasarnya kuitku halus, tp merahhh bgt dan panas... saya udh putus asa bgt nyari2 obatnya, bisa tolong di bls ya sis :)

    ReplyDelete
  70. sis blogmu sangat bagus, oh iya aku mau cerita, muka ku merahdan panas gtu sis, apalagi kalo kena sinar matahari, emg kayaknya mukaku sensitif bgt. :( benci bgt punya muka sensitif, tp sih muka ku halus, ya emg agak kebuka sedikitpori2 ku, tp cara ngilangin panas dan merah tuh gimana ya? tolong bls yaaaa :( makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku biasanya emang menghindari sih panas2an sis :)
      Kalo emang parah ya lebih baik ke dokter aja. Tapi kalo masih bisa ditahan, biasanya aku diamkan di rumah aja, pake bedak dingin dan tidur. malamnya minut obat dan kasih salep dari dokter :)

      Delete
  71. sis kalau eksimnya lagi kambuh emang gak apa2 kalau dikasi lotion?
    trus kalau eksimnya lagi kambuh supaya cepat kering caranya gimana...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalo parah banget aku minum obat dari dokter dan pake salep. Lotionnya pake physiogel. Pake Cetaphil juga bs kalo mau. Hadalabo juga bisa, harganya lbh terjangkau.
      Untungnya sekarang udah nggak separah kemaren2.
      Supaya cepat kering jangan digaruk dan pake salep dari dokter aja sis.
      udah ke dokter kan?

      Delete
  72. Aku juga kak salah satunya penderita eksim. Bener2 annoy banget rasanya gak bebas mau lakuin apapun dan kalo kena kegores benda2 yang tajem atau sentuhan sama benda2 yg kotor langsung muncul bentol2 merah dan minta banget buat digaruk, mau nanya kak, eksim itu bisa disembuhkan gak ya? Atau tetep kayak gini seumur hidup? Thank u kak:))

    ReplyDelete
  73. Yaampun sama banget kak kayak akuTT____TT sebenernya tadinya aku belum kena eksim nih eh tapi gara2 makan udang goreng di rumah temen tuh ada kali makan hampir 10ekor ehh besokkannya mulai gejala2nya gatel2, merah, bentol dan bentuknya itu abstrak2 dan berlanjut sampai sekarang jd tuh kalo kegores benda2 yg ujungnya tajem langsung deh bentolnya itu berupa goresan jugaa, kalo sentuhan sama benda2 yg kotor biasanya bentolnya bulet2 ada yg kecil sama gede, jd emang bener ya kak penyakit eksim ini gak bisa disembuhin sama sekali? Masalahnya aku udah putus asaaa bgt kak. Semua cara udah aku coba. Termasuk minum darah uler sama empedunya ada kali 20ekor uler lebih, suntik vit.c, makan sate biawak, minum obat kapsul dari resep dokter dan sempet sembuh 3bulanan gak muncul lagi kan eh setelah itu muncul lagi sampe sekarang kakTT____TT

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari search di FB katanya bisa disembuhkan kok cuma terapinya beda2 tergantung orangnya. coba googling deh di situs2 luar banyak tuh natural way to cure eczema :)
      aku juga lagi berjuang nih. semangat ya!

      Delete
  74. makasih ya kak infony :).. aku juga penderita DA mama duluny juga prnh sakit ini wktu kcl tp skrg udh enggak, dan skrg nurun ke aku :( , dulu wjh aku msh mulus , putih bersih, kinclong, slm setahun ini wajah aku hancur sampe mau ngaca aja serem liatny :( , g cuma d wajah d badan juga ada, gatal2 panas, bintik2 kaya cacar mau meletus..cuma kl d wajah itu bekas ny jadi hitam campur kemerahan ky hbs d tonjok, dan juga nimbulin gatal panas berlebih kl pas kumat, aku udh berobat sana sini sampe 7 dokter, stlh k dokter yg trkhr aku tes alergi, trnyta aku juga alergi debu, panas, seafood, tungau, jamur udara, serpihan kulit manusia, teh, minyak goreng, sm kecoa, syok pas tau -___- ...akhrny d ksh saran sm dokter hrs super jaga kbrshn ini itu, pakai baju adem ky katun, g boleh berkeringat dll...mulai skrg aku berusaha buat ngobatin penyakitku ini, wlau emg hampir putus asa rasany, krn juga udh ngabisin biaya banyak buat nyembuhinny, aku masih bingung aja mau pake lotion untuk wajah sm untuk badan kak, aku baca di majalah ada yg bahas dermatitis atopik, lotion yg disarankan harus mengandung ceramide dan filaggrin, tp aku gtau, di google ssh nyari :( , share dong kak lotion yg cocok buat aku..kshn msh mahasiswa kak smstr 5 kak -__-

    ReplyDelete
  75. makasih ya kak infony :).. aku juga penderita DA mama duluny juga prnh sakit ini wktu kcl tp skrg udh enggak, dan skrg nurun ke aku ,dulu wjh aku msh mulus , putih bersih, kinclong, slm setahun ini wajah aku hancur sampe mau ngaca aja serem liatny :( , g cuma d wajah d badan juga ada, gatal2 panas, bintik2 kaya cacar mau meletus..cuma kl d wajah itu bekas ny jadi hitam campur kemerahan ky hbs d tonjok, dan juga nimbulin gatal panas berlebih kl pas kumat, aku udh berobat sana sini sampe 7 dokter, stlh k dokter yg trkhr aku tes alergi, trnyta aku juga alergi debu, panas, seafood, tungau, jamur udara, serpihan kulit manusia, teh, minyak goreng, sm kecoa, syok pas tau -___- ...akhrny d ksh saran sm dokter hrs super jaga kbrshn ini itu, pakai baju adem ky katun, g boleh berkeringat dll...mulai skrg aku berusaha buat ngobatin penyakitku ini, wlau emg hampir putus asa rasany, krn juga udh ngabisin biaya banyak buat nyembuhinny, aku masih bingung aja mau pake lotion untuk wajah sm untuk badan kak, aku baca di majalah ada yg bahas dermatitis atopik, lotion yg disarankan harus mengandung ceramide dan filaggrin, tp aku gtau, di google ssh nyari :( , share dong kak lotion yg cocok buat aku..oiya kak aku msh mahasiswa smstr 5 skrg :)

    ReplyDelete
  76. makasih ya kak infony :).. aku juga penderita DA mama duluny juga prnh sakit ini wktu kcl tp skrg udh enggak, dan skrg nurun ke aku ,dulu wjh aku msh mulus , putih bersih, kinclong, slm setahun ini wajah aku hancur sampe mau ngaca aja serem liatny :( , g cuma d wajah d badan juga ada, gatal2 panas, bintik2 kaya cacar mau meletus..cuma kl d wajah itu bekas ny jadi hitam campur kemerahan ky hbs d tonjok, dan juga nimbulin gatal panas berlebih kl pas kumat, aku udh berobat sana sini sampe 7 dokter, stlh k dokter yg trkhr aku tes alergi, trnyta aku juga alergi debu, panas, seafood, tungau, jamur udara, serpihan kulit manusia, teh, minyak goreng, sm kecoa, syok pas tau -___- ...akhrny d ksh saran sm dokter hrs super jaga kbrshn ini itu, pakai baju adem ky katun, g boleh berkeringat dll...mulai skrg aku berusaha buat ngobatin penyakitku ini, wlau emg hampir putus asa rasany, krn juga udh ngabisin biaya banyak buat nyembuhinny, aku masih bingung aja mau pake lotion untuk wajah sm untuk badan kak, aku baca di majalah ada yg bahas dermatitis atopik, lotion yg disarankan harus mengandung ceramide dan filaggrin, tp aku gtau, di google ssh nyari :( , share dong kak lotion yg cocok buat aku..oiya kak aku msh mahasiswa smstr 5 skrg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, aku juga penderita dermatitis.. dulu parah banget sampe bernanah segala, sampe temen aku kasih tau 1 dokter, disana aku dikasih salep campuran inerson dan saltycin, akhirnya bekas bernanah itu ilang, jadi sekarang setiap kali udah keluar bentol merah, cepet-cepet deh diolesin salep itu terus minum cerini untuk redain gatalnya. Susah yah emang ada dermatitis, sampe ga bisa makan seafood lagi, jadi sekarang kalau emang lagi mau makan seafood, aku minum cerini dulu deh biar ga gatel-gatel. lumayan ampuh sih,

      dokter sih saranin mandinya pake sabun baby johnson yang putih tp yang batang ga boleh cair, trus sikat gigi harus pake sensodyne yang original karena mint juga pemicu alergi.

      mudah-mudahan bantu yah..

      Delete
    2. wah tiap orang emang kasusnya beda2 sih ya, jadi sebenarnya saya nggak berani rekomen secara spesifik karena nanti malah menjerumuskan :(
      disini saya hanya sharing bahwa saya juga sedang berjuang dengan DA dan produk2 apa saja yang kebetulan cocok sama saya.
      yang pasti semua produknya adalah produk yang melembabkan.
      untuk pemakaian obat, aku udah kurangin banget sekarang karena efek jangka panjangnya nggak baik.
      banyak googling, katanya pola hidup yang sehat dan bebas stress bisa membantu memerangi eksim.
      coba googling deh, banyak banget. salah satunya diet makanan bergaram dan gula.
      bahkan ada yang raw food diet, banyak yang berhasil. emang butuh usaha ekstra tapi yah begitulah demi sehat :)

      maaf belum bisa banyak bantu. good luck dan get well soon! Semangat!

      Delete
  77. Kak kalo eksimnya di pipi gimana ya cara sembuhinnya? Makasih kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ke dokter ya, disini saya hanya sharing pengalaman saya pribadi untuk produk sehari2, untuk obatnya langsung ke dokter. saya juga ke dokter dulu baru bisa memutuskan gimana selain rajin2 browsing juga :)

      Delete
    2. Halo Ka Raisa, aku Caroline, salam kenal ya Ka. Aku juga penderita eksim sejak msh kecil, tapi dulunya aku belum tau kalau itu eksim. Sejak kecil kulitku emang sensitif banget, terutama sama debu, keringet, parfum dan makanan seefood, ikan dan beberapa produk olahan susu dan telur. Kalau udah terpapar bahan2 itu pasti muncul semacam bengkak/bentol-bentol yang rasanya gatal banget, terutama di bagian lipatan siku dan belakang lutut. Selain itu sebenarnya aku juga seharusnya sebisa mungkin menghindari stres dan begadang, tapi buat aku sptnya susah banget menghindari kedua hal tsb, apalagi beberapa tahun belakangan setelah masuk kuliah. Aku baru bener2 tau kalau itu eksim sekitar 1 tahunan setelah periksa ke dokter. Awalnya sih penyakit ini muncul musiman (biasanya muncul tiga tahunan pas mendekati waktu2 ujian), dan biasanya kulitku meradang itu ngga terlalu lama (paling lama itu sekitar 3 minggu-1 bulanan); tapi udah hampir 3 tahun belakangan ini kulitku kaya meradang terus walaupun aku udah coba ganti hampir semua produk perawatan yang aku pake. Aku juga udah beberapa kali ke dokter, dan memang setelah mengkonsumsi obat dari dokter kulitku mulai membaik, tapi waktu obatnya habis ngga berapa lama kemudian kulitku mulai meradang lagi. Kalau untuk produk sabun sih sebenernya aku hampir ngga ada masalah, tapi sampe sekarang aku masih kesulitan mencari pelembab tubuh yang cocok sama kulitku. Aku udah coba beberapa produk yang katanya bagus untuk kulit sensitif mulai dari Nivea, TBS, Oriflame, beberapa produk perawatan untuk bayi dan terakhir Sebamed. Waktu awal-awal pemakaian sih ngga ada masalah, tapi setelah 1-2 minggu hasilnya tetep sama aja. Kulitku yang tadinya udah mulai membaik meradang lagi. Jujur, hal ini sering membuatku malas banget memakai pelembab tubuh, rasanya percuma aja pakai pelembab tapi ujungnya malah terasa semakin gatal. Aku udah coba searching di internet produk-produk yg memiliki bahan yg bisa menenangkan kulit spt aloe vera, tapi aku msh ragu mau mencoba, takutnya sama kaya yg udah2. Menurut Kaka aku harus gimana ya? Ada ngga rekomendasi produk yg bagus yang bisa melembabkan sekaligus memberi efek mendinginkan/menenangkan kulit yang gatal2 dan kemerahan? Makasih sebelumnya ya Ka :)

      Delete
  78. hai salam kenal saya ahmad, ikut sharing ya..
    pertama kali divonis DA itu setahun yang lalu, menjelang sidang skripsi. sebelumnya memang sejak dibangku smp sudah tampak, pada waktu itu awalnya di sekitar kening, terdapat bercak seperti ketombe (karena hobi saya bermain layangan terpapar sinar matahari sudah biasa -dulu). Oleh dokter umum direkomendasikan memakai chloramfecort cream utk pembersih wajah saya memakai oval. tanpa disadari memakai cream+oval tsb menjadi kebiasaan sampai saya kuliah. menjelang skripsi saya kaget karena kulit yang kering terlihat lebih parah dan mulai menyebar di sela-sela telinga pipi bahkan punggung. saya konsultasi pada dokter kulit, ternyata faktor stress dan penggunaan cream dalam wkt jangka panjang (+tdk disertai pengawasan dokter) membuat kulit saya iritasi. saya diberi beberapa obat minum+salep racikan, hasilnya sangat membaik, kulit terasa kenyal, mulus, bersih dan bersyukur karena membantu percaya diri saya ketika sidang.

    1 minggu setelah resep habis, saya bingung karena ternyata kambuh. saya konsultasi lagi dan diberi resep yang sama dengan hasil yang sama persis sprti sebelumnya. ketika itu saya pikir kenapa tidak membeli resep yang sama tanpa harus konsultasi pada dokter (alasannya utk meminimalisir biaya), bergegaslah saya dengan membeli beberapa obat minum yg sama beserta cream tanpa resep dokter. Alhasil setelah obat habis wajah saya semakin kering, terkelupas, dan terasa kaku, kondisi semakin parah. Saya konsul kembali tetapi pada dokter yang berbeda, saya dinyatakn terkena eksim dan ketergantungan obat yang dgn kandungan steroid dlm wkt jangka panjang. atas saran dokter dua minggu saya tidak diberi obat hanya pelembab, alasannya untuk mengeluarkan racun/sebagai langkah mengurangi ketergantungan. dan sampai saat ini saya sedang terus berusaha, setidaknya belajar memahami dan belajar bersabar. Awalnya tidak pernah terpikir akan terjadi ketika saya seharusnya fokus mencari pekerjaan, menjadi terasa berat karena benar-benar merubah kualitas hidup. Yup saya pikir tidak ada hal yang lebih baik daripada berdo'a dan berusaha, merawat diri dengan baik dan tetap berpikir positif. Masalah kesembuhan itu urusan tuhan, saya hanya akan berusaha. Hehe terima kasih untuk admin dan pengunjung blog ini yang senantiasa mau berbagi ilmu dan pengalaman yang sangat bermanfaat. Salam santun.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener banget tuh katanya obat emang bisa bikin ketergantungan dan menipiskan kulit, jadinya bukannya sembuh, bakal kambuh terus sakitnya.
      banyak banget sekarang yang sharing di internet cara menyembuhkan dermatitis gimana caranya terutama cara2 natural dan diet makan. emang harus pola hidup yang diubah, bukan cuma usaha ke dokter.
      semoga lekas sembuh ya. yup doa dan usaha pasti membuahkan hasil suatu saat nanti. semngattttt!

      Delete
  79. Seru banget bacanya, tapi banyak banget, hhehe..
    Bikin grup aja apa yah biar bisa saling sharing, hhehe..
    Buat ngilangin bekasnya bisa pake minyak zaitun dan olahrga yg ngluarin kringet gtu, meminimalisir alergi juga..
    Tpi lama sii ilangnya, 2 thun ini rutin zaitun jg msih blm ilang,, hhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep sekarang aku rutin olahraga dan selalu pake pelembab. diet makanan juga dan hasilnya lumayan mendingan daripada dulu.
      wah saya udah dulu pernah bikin grup di kaskus, hehe. nanti kalo berhasil ngobatinnya mungkin saya akan coba bikin blog terpisah untuk eksim ini :)
      pasti suatu saat akan bisa ilang, asal ada perawatan dari dalam juga. semangat ya!

      Delete
  80. Haaaiii, seneng banget ketemu artikel ini. Sebenernya aku udah sering ruam2 merah gitu, tapi gak pernah ke dokter karena pada dasarnya cuek banget, hahaha...terus pas kemarin ke dokter baru deh tahu betapa sensitifnya kulitku, lebih sensitif dari hati! :P terima kasih banget buat artikelnya, berguna banget. salam kenal yaa

    ReplyDelete
  81. ahh..akhirnya ketemu juga blog kamu.
    senang bacanya, krn ternyata banyak yang senasib ama aku.
    kulitnya sangat sensitive banget, apalagi sekarang aku lagi kena serangan alergi kutu kucing. aduh ampun deh bekasnya jelek banget dan gatalnya itu lho ga nahan. tapi ga boleh digaruk, klo digaruk tambah luka gitu kan ya? nyebelin banget..
    ada saran ga c aq lagi cari sabun mandi dan lotionnya untuk ilangin gatal ama bekasnya c.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabun mandi si tergantung kulitnya ya. aku dulu selalu pake sabun yang udah aku sebutin di atas (udah baca kan di postnya? hehe)
      losion yang buat ilangin belum dapet si :(

      Delete
  82. Kalo untuk menghilangkan bekas luka eksim yang menghitam ada produk recommended nya gak? Aku juga penderiya eksmin sejak 10 tahun lalu cuman bisa di cegah belum bisa disembuhin total

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasanya pake masker bengkoang sama beras :)
      semoga bisa membantu ya^^

      Delete
  83. Halo kak, nama aku silmi, aku kelas 3 smp. Alu udah kena eksim 5 bulan, ini blognya pas banget dan bagus bangett. Aku pingin tanya tanya ke kakak, tapi private gak di blog ini boleh ya kak?? Siapa tau kakak punya banyak info buat aku, bingung mau un malah gini. Kalok kakak gak keberatan, ini id lineku: silmiazizak
    Mohon bantuannya ya kak makasihhh banyaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa email ke aku ya: rangeldreams@gmail.com :)

      Delete
  84. Wow... thank's blognya... benar2 informatif untuk saya. Saya juga eksim dan tidak bisa disembuhkan. Huhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi eksim bisa dicegah! Hehe...susahnya kalo udah flare up :(
      Semoga lekas sembuh dan gak kambuh2 lagi yaa

      Delete
  85. kakak cantik thanks banget ya sama posting yang ini :')
    gatal-gatal kering itu udah dari kecil aku rasain tapi baru yang kali ini melebar sampai 5cm di kaki. aku panikan kak orangnya kirain herpes atau apalah lagi peyakit kulit. cek ke dokter ternyata eksim kering. mama aku juga eksim katanya jd aku gak minum obat (karna ginjal) pake salep aja yg merknya topcort itu. alhamdulillah jd sembuh, tapi bekasnya itu lhoo item dikaki jelek banget.
    mulai muncul sejak aku pake rangkaian n*vea whitening (bodylotion day/night, dan body serumnya) sebelumnya aku pake the body shop bagus2 aja.
    makasi ya kaaaak
    jd gak ngerasa sendiri lagi :)

    ReplyDelete
  86. Halo mbak raisa..
    Sebagai sesama penderita dermatitis di badan aku sangat berterima kasih sama blog mbak. Aku yg selama ini cuma pake inerson sm ellgy utk handbody dan sabun bayi jd bisa nyoba yg mbak kasih di postingan ini. Mindeeer bgt kl ngaca ini badan kadang sampe mikir calon suami bakal nolak gak ya punya istri totolan begini hahaha..

    Ohiya aku divonis dokter dermatitis. Kemudian disuruh minum obat cacing. Percaya gak percaya kok mendingan ya gatelnya. Meskipun kl udah digigit nyamuk, stress tetep muncul tp pas lagi parah-parahnya aku minum obat cacing gatelnya pun berhenti. Apa ada korelasinya ya cacingan sama dermatitis haha

    Semoga kita cpt sembuh ya mbak! Oiya asal rajin pake handbody+kadang saya pakein minyak zaitun bekasnya memudar kok lama-lama. Semangat penderita dermatitis, youre not alone :'')

    ReplyDelete
  87. Dear Raisa, saya ibu beranak 3 (2laki2 dan 1 perempuan) yg kesemuanya confirmed DA dan alergi thd turunan susu, baik keju, susu sapi, mentega dll, jadi saya meminimalisir penggunaan hal2 tsb utk dikonsumsi, susu pun akhirnya soya, saya senang banget menemukan blog dan review Raisa utk produk2 kosmetik yang baik utk penderita DA, terimakasih untuk sarannya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah banyak juga ya alerginya >,<
      semoga lekas sembuh ya mbk :)

      Delete
  88. Ooh, jadi kulit dermatitis hrus hindari sabun yg keras yaa malahan? Bukannya kalo misl pake asep** ato life*** juga bisa menghilangkan bakteri dan gatal yaa tp itu apa boleh di aplikasian ke tubuh kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oww big no no tuh sabun antiseptik :) Aku lebih suka mandi pake oatmeal karena lebih melembabkan dicampur sama teh hijau untuk antiseptiknya^^

      Delete
    2. Silahkan boleh dicoba sendiri mbak pke sabun antiseptik haha
      Berasa disayat2 pas lg nyabun 😁

      Delete
  89. halo mbak Raisa, saya sudah 10 tahun berteman dengan eksim sampai sekarang
    kadang bisa hilang tapi kalo kepanasan dikit aja bisa kambuh, terutama cuaca2 seperti sekarang ini.
    biasa pake salep atau krim apa mbak kalo eksimnya kambuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak ngeresep sendiri sih sekarang kalo kambuh ke dokter aja. paling bagus sih dicegah jangan sampe kambuh, jangan digaruk sama sekali dan usahakan jangan terlalu kepanasan/kedinginan dan pake produk yang melembabkan. Kalo ga cocok sama satu produk jangan dipaksain, bagusnya sih ke dokter dulu :) Pake baju juga invest ke kain yang bagus (aka mahal) dan adem soalnya ngaruh banget

      Delete
  90. Hei, Raisa. Aku juga divonis DA sejak setahun lalu. Sebelum aku tau itu dermatitis, aku sempet berkali-kali menyalahkan diri aku karena dikira mandinya kurang bersih, suka jorok atau apapunlah itu meskipun mandi juga rajin dan gak males cuci muka-cuci kaki. Bahkan dulu sempet kena bully karena bekasnya :')
    Dulu pas ke dokter juga di resepinnya pake physiogel. Kondisi kulitnya jadi lebih baik meskipun emang bekasnya gak ilang. Jadi lebih samar dan halus sihtTapi ya itulah, harganya yang mahal bikin aku gak jadi-jadi beli lagi. Sekarang kulitnya jadi kambuh lagi dan bekasnya nambah lagi :(
    Sebenernya aku baru dikasih uang sama ortu buat berobat, tapi pikirannya terbagi antara mau lanjut pake psyiogel atau ke dokter kosmetik untuk ilangin bekas lukanya. Kamu masih pake itu psyogel sekarang? Apa bekas luka kamu memudar setelah pake itu dalam jangka waktu panjang? Ada saran gak supaya bekas lukanya ilang? Jujur aja ini bikin minder :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo sangataa jangan minderrr kamu nggak sendirian. Jangan sampe stress yaa karena eksim makin parah kalo stress.
      aku sih mau gamau ya pake sabun gitu terus, kalo gak cetaphil ya physiogel habisan kalo pake yang lain suka gak cocok. Cuma ada hari2 dimana kulitku sehat dan kebal haha di saat gitu aku suka pake palmolive. Kalo aku lukanya memudar kok, kadang suka aku lulurin (yang lembut ya) dan kasih bedak dingin kalimantan biar cepat memudar bekas-bekasnya. Sama dioles pelembab terus kalo sebelum tidur.
      kalo bisa yang alami jangan pake yg kimia kayak obat dokter deh saranku, tapi itu kembali ke kamu sih :)
      get well soon ya sehat selaluuu

      Delete
  91. Wah ternyata banyak juga yang mengalami hal ini. telapak kaki saya jg divonus dermatitis atopik, dan itu baru ketahuan saat habis turun gunung (pendakian). Itu parah sekali smpai harus digendong, ternyata kata dokter saya saya alergi yg dsebut dermatitis kontak, jadi alergi terhadap sesuatu dari luar bukan dari dalam..saya dsuruh bersyukur banyak :D
    Yaa jadi intinya saya trnyata gak tahan pakai sandal jepit, suhu ekstrim, dan debu.
    Untuk penggunaan sabun mandi saya setuju memakai sabun bayi, sedangkan sabun untuk mencuci hindari detergen lebih baik sabun colek/sabun batang/sabun mandi palinh murah :p

    Kalau untuk perawatan, saya masih mmakai salep dan lotion dari dokter..tapi sdh saya kurangi dosis pmakaiannya. Saya sekarang memilih saya terapi sendiri dengan rendaman (air hangat + minyak zaitun + garam), dan ini berhasil sekali melembabkan n melmbutkan kaki saya :)
    Boleh dicoba, tidak ada salahnya menciba dan berusaha kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul2, setuju yang penting happy selalu yaa biar ga eksim terus karena kalo stress eksimnya cenderung lebih parah :(
      semangat yaaa! thank you udah sharing!

      Delete
  92. Waaah bnyk ragam jg ya eksim ini hai salam kenal jg aq atha, aq pnya eksim di kaki batas betis sampe mata kaki , kaki kering bgt ky tanah yg retak2 di musim kemarau gt sebel bgt penyakit dr kcl sampe udh 30an thn ini bnr2 nyiksa ga bs pke celana pendek :'( hopeless dah pokoknya kmana2 cm bs pake celana panjang trs mw party jg dress nya pst pke stoking item deh ... boleh dbantu ga sist lotion apa ya yg bs bt kaki ini biar bs bantuin ga sampe kering bgt aq seh biasa klr pke minyak zaitu gt tp klo udh kelamaan kering jg seh ada rekomendasi lai ga ??? Mksh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. losion udah dikasih tau di atas yaa, monggo dibaca dulu mbak rekomendasi produk yang saya pake. selebihnya konsultasi ke dokter dulu dan pastinya pake obat dokter dengan dosis yang sangat hati-hati. baiknya sih hindari pencetus alerginya bar gak bolak balik kambuh. jangan stress juga. semangat ya!

      Delete
  93. Artikelnya bagus, penting bgt nih buat alami eksim, izin bookmark ya thankyou.
    Watch movie bluray

    ReplyDelete
  94. Hai mau sharing aja gue juga penderita eksim, awalnya didiagnosis psoriasis tapi ternyata lebih ke eczema yg td mba Raisa jelasin. Gue ke dermatologist dikasih berbagai pelembab sm sabun muka sm badan sih. Jadi gue saranin bgt kalo udh sangat mengganggu langsung ke dermatologist aja. Buat yg di Bandung gue ke dr. Cankerty (dia praktek di RS Borromeus). Dan setelah perawatan harus bgt tanya kalian pake produk apa yg bagus biar ga bolak balik dokter. Selepas pake obat dokter dia saranin persis yg mba Raisa share hehe kaya pake Cetaphil, Sebamed, Mineral Botanica, dll yg less parfume dan non-whitening. Saran aku sih kl abis perawatan dokter beralih aja dulu semuanya ke original baby product. Udah itu ke watson/guardian/century dan konsultasi bisa pake produk apa aja dari kepala ampe kaki, dan kalo mereknya beda2 pun it is okay kan cocok2an. Sering2 ganti baju aja kalo keringetan apalagi underwear, saran janan sering pake celana jeans ketat, pokonya yg longgar atau bahannya adem bikin kulit gampang nafas. Gue sih selalu pake pelembab Skin Food yg 7rban dan remove makeup pake baby oil aja. Dan kalo malem usahain selalu pake pelembab yg basenya oil. Oiya buat kepala yang gatal kaya ada kulit kering atau ketombe, coba pake air jeruk nipis atau lemon diusap2 diemin selama 15-20 menit terus bilas pake shampoo bayi dan air hangat. Kalau gue perawatan selalu pake getah lidah buaya (literally dari tanaman lidah buayanya Lol) dan usapkan di kepala, diemin 30 menitan terus bilas deh. Selain ngilangin dandruff bisa bikin rambut tebal dan super shining. Hope it helps and Lekas sembuh ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you much udah sharing yaaa :D
      bener sebaiknya emang konsul k dermotolog sebelum melakukan tindakan apapun.
      tetap semangat!

      Delete
  95. Hello menarik sekali blognya . Btw aku juga penderita eksim. Nyiksa banget belum nemuin sabun muka yg cocok. Aku udah 3 tahun menderita penyakit ini , bolak balik ke dokter kulit seminggu sembuh kalo obat habis kumat lagi. Sedih banget :( btw sampe saat ini aku cocok pake noroid lotion buat badan sama pake yg cream buat muka. Lembut ringan ga ada parfumnya dan lembab banget kulitnya abis make noroid . Sekedar sharing aja guys

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan stress ya sis, semangat terus. coba pake VCO deh siapa tau mempan. Obat terus emang bisa bikin ketergantungan, udah cek alerginya apa?

      Delete
  96. hallo menarik banget nih blog nya, aku juga mungkin penderita dermatitis, soalnya yang aku alamin di wajah sekitar hidung sampai dagu, sangatbganggu banget sih ini bikin gak pede, sering kambuh kambuh gitu, bingung juga mau ilangin bekasnya gimana, penggunaan cream kosmetik itu apa juga ngaruh gak sih ? soalnya aku semenjak pakek cream cream kosmetik dari dokter kecantikan gitu langsung jadi kek gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah coba cek k spesialis kulit aja langsung dan stop pemakaian krim2 racikan dokter itu. kulit eksim itu butuh yang natural dan minimalis. semangat terus ya...

      Delete
  97. Tx mbak udah sharing,
    Akhirnya nemu juga artikel perawatan kulit yg kena dermatitis.
    Kebetulan saya mengidap eksim setahun belakangan ini yg awalnya bintil2 dilengan terus semakin menebal, awalnya saya hanya mengira hanya penyakit kulit semacam kurap atau sejenisnya tp kok pake salep/talc bwt jamur kulit gk sembuh2 sampai akhirnya bintil2 yg menebal mulai muncul dikaki baru periksa ke dokter kulit & positif eksim. Awalnya jijik karena mengira penyakit eksim itu penyakit menular & kotor tp saya coba cari tau diinternet seputar penyakit eksim & ternyata eksim adalah salah satu gejala alergi & berhubungan dgn auto imun.
    Kalo dilihat dari sejarah penyakit keluarga sih ibu saya pny alergi asma & baru tahu jg ternyata bisa menurunkan penyakit eksim tp ya sudahlah gk mgkn jg menyalahkan org tua ya kan hehe.
    Cuman sayangnya ya itu sekali kena gak bakal bisa sembuh kecuali dgn menghindari pencetus eksim itu sendiri.
    Setelah setahun ini baru ketahuan kambuhnya disebabkan dr makanan(telur,daging ayam & seafood) & stress (yg ini susah dihindarin ��). Kalo kambuhnya parah sih mau gak mau harus ke dokter kulit, paling mahal sih biasanya racikan salepnya.
    Tapi kalo kebetulan kantong lg cekak & kambuhnya pas akhir bulan sih saya beli Incidal & salep Bethason, Incidalnya buat ngilangin rasa gatel & salepnya buat ngelotokin itu luka eksimnya. Saran saya sih semanjur2nya obat alergi lebih baik menghindari pencetus alerginya ☺, lebih aman & terhindar dr efek negatif obat ya
    Salam kenal utk semua, asli mental saya drop pas kambuh yg skrg ini krn parah banget eksimnya sampe sebadan2. Belum rasa gatelnya yg luar biasa ditambah luka korengnya yg bikin illfeel kalo lg ngaca ��.
    Utk sabun mandi lebih aman pake baby milk bath Johnson2johnson (yg batangan msh iritasi dibadan saya,perih) sdgkan utk pelembab badan pake Noroid lotion cmn kalo lg gk ada duit saya pakenya baby oil ��.
    Yang msh bingung sih buat ngobatin yg dikulit kepala ya berhubung kalo dibotakin spy bisa pake salep gak berani jg haha apa cukup pake shampoo baby jg?
    Terima kasih ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak ya udah sharing disini. kalo obat sih aku nggak brani rekomen apa2 dan sebaiknya emang nggak tergantung sama obat karena efek jangka panjangnya nggak baik. buat keramas aku biasa pake clear aja sih, nggak macem2 karena kepalaku Puji Tuhan nggak kena eksim, cuma kadang2 ketombean aja karena kulit kepala kering....
      coba konsul ke dokter aja ya :)
      dan jangan stress, semangat terus ya!

      Delete
  98. waaa aku punya masalah yang sama banget kayak gini >.<
    trus yang mau aku tanyain, kakak luluran juga ngga? soalnya aku mau coba coba luluran tapi takut malah gatel gatel habis itu, karena saking sensitifnya, ketika aku gosok tangan pakai Mitu tisu basah, tanganku langsung gatel gatel :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo alergi jangan paksain pake tisu basah kasian kulitnyaa..
      aku kadang luluran tp pakenya nggak di bagian kulit yang sering kena eksim. dan pakenya jaraaaaaaaaaaang banget, cuma pas kulit lg super sehat alias nggak kambuh eksim atau sensi.
      nanti aja lulurannya, sembuhin dulu eksimnya dan jangan sampe kambuh lagi. Stay happy yaa semangat!

      Delete
  99. Salam kenal, mba Raisa. Saya Dhidhi ^_^.
    Helpful sekali tulisannya.
    Saya juga penderita dermatitis atopik semenjak 6 tahun yang lalu. Akan muncul kalau saya stress dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum/tepung. Kadang ya hilang sama sekali dan ga muncul dalam waktu lama.
    Paling sering muncul di sekitaran dahi dan mata. Akibatnya mata saya terlihat agak bengkak. Dan itu annoying banget.
    Selama ini saya juga pakai Johnson Baby Milk Bath, karena, dari segi harga pas di kantong.
    Tapi kalau lagi parah-parahnya, sabun ini juga ga mempan sama sekali. Akan tetap gatal kulitnya.
    Sedih juga ya kalo ga boleh menggunakan produk whitening. Karena, kulit saya kusam (kurang fresh) dan agak berjerawat. Saya jadi bingung harus menggunakan produk perawatan wajah yang seperti apa.
    Harus pakai produk apa ya yang bisa menghilangkan kusam di wajah dan tidak menyebabkan kering?
    Ada rekomendasi kah, mba?
    Terima kasih sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
  100. Salam kenal, mba Raisa. Saya Dhidhi ^_^.
    Helpful sekali tulisannya.
    Saya juga penderita dermatitis atopik semenjak 6 tahun yang lalu. Akan muncul kalau saya stress dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum/tepung. Kadang ya hilang sama sekali dan ga muncul dalam waktu lama.
    Paling sering muncul di sekitaran dahi dan mata. Akibatnya mata saya terlihat agak bengkak. Dan itu annoying banget.
    Selama ini saya juga pakai Johnson Baby Milk Bath, karena, dari segi harga pas di kantong.
    Tapi kalau lagi parah-parahnya, sabun ini juga ga mempan sama sekali. Akan tetap gatal kulitnya.
    Sedih juga ya kalo ga boleh menggunakan produk whitening. Karena, kulit saya kusam (kurang fresh) dan agak berjerawat. Saya jadi bingung harus menggunakan produk perawatan wajah yang seperti apa.
    Harus pakai produk apa ya yang bisa menghilangkan kusam di wajah dan tidak menyebabkan kering?
    Ada rekomendasi kah, mba?
    Terima kasih sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
  101. I know that feeling. Sumpah ga keitung berapa kali aku di cap "JOROK" ama orang gara2 aku punya psoriasis. But people judge because they're dumb! Autoimun tuh penyakit yang ga nular dan faktornya ada kelainan dlm badan. Penyakit auto-imun ga bisa disembuhin cuma bisa dikontrol. Aga tricky sih pilih skincare soalnya pada dasarnya siklus regenerasi kulit aku lebih cepet dari orang kebanyakan makanya walau umur udah di atas 25 tapi belom berani pake anti-aging. Sekarang fokus hydrating aja. Kalo untuk muka lagi pake Wardah Hydrating Aloe Vera Gel. Cuma mukaku lagi bruntusan.Gatau gegara Wardah atau Sunscreen Cream La Tulipe nya. Ini daritadi lagi browsing2 pengen cari skincare basic yang gentle tapi non-comedogenic. Hehehe.. Kalau ditanya sedih/ngga punya kondisi gini, aku mah udah tahap bodo amat. Pokonya aku sekarang mau fokus merawat aja. Orang mau bilang apa juga terserah yang penting aku tetep usaha buat memberikan yg terbaik untuk kulitku :)

    ReplyDelete
  102. Salam kenal kaaak^^
    Makasih banget udah posting artikel ginian.... ngebantu bnget buat aku yg juga kna penyakit eksim ini T-T
    Btw kak gara2 pnyakit ini klopak mataku yg habis kena alergi itu kyk mulai menghitam gitu,.. temen2ku bahkan ngira aku habis pke eyeshadow hitam pdahal aku nggak pernah make kek gituan-_-"
    Ada saran nggak kak? Kira2 aku mesti pke apa biar bisa balikin warna kelopak mataku yg dlu? Soalnya aku udah frustasi bngt liatnyaT-T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ka
      Aku juga kena eksim hampir 1 tahun lebih ka dan sekarang belum sembuh juga, udah banyak dokter yang aku datangi tapi tetep aja ka, bahkan kalau berhenti berobat makin tambah banyak eksimnya, sempet putus asa ka aku buat ga berhente berobat, eksim aku udah kena SELURUH BADAN ka bahkan sampe ke kulut kepala, gimana cara buat ngilangin dikulit kepala ka?(walaupun ga bisa sembuh total sih)
      Pas aku buka link ini sumpah ka bermanfaat banget, diantara link" lainnya ini bermanfaat banget makasihh ya ka^.^

      Delete
    2. Hai ka
      Aku juga kena eksim hampir 1 tahun lebih ka dan sekarang belum sembuh juga, udah banyak dokter yang aku datangi tapi tetep aja ka, bahkan kalau berhenti berobat makin tambah banyak eksimnya, sempet putus asa ka aku buat ga berhente berobat, eksim aku udah kena SELURUH BADAN ka bahkan sampe ke kulut kepala, gimana cara buat ngilangin dikulit kepala ka?(walaupun ga bisa sembuh total sih)
      Pas aku buka link ini sumpah ka bermanfaat banget, diantara link" lainnya ini bermanfaat banget makasihh ya ka^.^

      Delete
  103. Hai ka
    Aku juga kena eksim hampir 1 tahun lebih ka dan sekarang belum sembuh juga, udah banyak dokter yang aku datangi tapi tetep aja ka, bahkan kalau berhenti berobat makin tambah banyak eksimnya, sempet putus asa ka aku buat ga berhente berobat, eksim aku udah kena SELURUH BADAN ka bahkan sampe ke kulut kepala, gimana cara buat ngilangin dikulit kepala ka?(walaupun ga bisa sembuh total sih)
    Pas aku buka link ini sumpah ka bermanfaat banget, diantara link" lainnya ini bermanfaat banget makasihh ya ka^.^

    ReplyDelete
  104. halooo Raisa makasih banyak sharingnya

    aku mau share amunisi lengkap aku juga sebagai penderita eksim yaaa :D

    1. shampo : alhamdulillah aku cocok pake loreal merah for coloured hair (bukan yg merah putih)

    mamaku kulit kepalanya ngelupas kalo pake shampo yang gak bener + stress, terus mbak di rumah diminta masakin minyak kelapa. cespleng booo buat hair mask kulit mama langsung sembuh

    2. facial wash : ristra med soap

    3. sunblock : bless

    4. bedak : bless loose powder normal skin

    5. lotion : carmed!! (cari di apotik),atau egyptian magic cream sekalian invest karena banyak buanget kegunaannya. oiya mereka bukan pelembab wangi ya. jangan terlalu suka sama pelembab yg kewangian! oiya sayangnya nivea creme kaleng biru malah bikin eksim kambuh huhu padahal byk yg cocok pakai itu utk eksim. next mau coba vaseline petroleum jelly

    6. sabun mandi : oilum cair/oilum batangan!!! duuuhh cespleng juga merekaaa. yg cair pakainya ga usah berlebihan, setiap dibutuhkan di bagian badan, keluarin setengah pump setengah pump aja dulu

    7. odol : jangan sedih, pake close up atau pepsodent bibir langsung kering kerontang pecah guatel dll -_- pake colgate/aquafresh/enzim cocok alhamdulillah tiga2nya di aku. asal ngeluarin odolnya seujung sikat gigi aja cukup biar tetep aman juga

    8. deodorant : dove original

    9. parfum : apapun itu, pakai 1-2 spray aja, JANGAN DI KULIT. tapi di baju kalian udah cukup

    10. OBAT PENGHILANG EKSIM TERMANJUR YANG PERNAH AKU PAKAI : DERMOVATE HIJAU. PAKAI TIPIS & SEDIKIT AJA LANGSUNG SEMBUH. JANGAN PAKAI REGULARLY KARENA DIA BANYAK EFEK SAMPING UTK PEMAKAIAN JANGKA PANJANG. PLEASE HAVE A GOOD RESEARCH BEFORE BUYING THIS AND ALWAYS BE CAREFUL CHOOSING YOUR TREATMENT CREAM. mohon maaf kapital semua, soalnya ini salep amat sangat manjur di aku tapi jujur aku sering baca dia kandungannya cukup berbahaya kalau dipakai terus2an. hanya bisa didapatkan di apotik Kimia Farma :)

    11. pantangan : lotion wangi aneh2, baju rajut/knitwear, udang/seafood, kebanyakan telur, kebanyakan dairy products dan coklat, jangan mandi kelamaan apalagi pakai air terlalu hangat cenderung panas, mau ngasih tau jangan stress tapi namanya juga pikiran hihihi, setiap stress harus ada neutralizernya. bisa dengan wisata kuliner (sesuai hobby aku hehe) kalau ada taman deket rumah bisa jogging, get a good youtube channel as your comedy/humor source, jangan ngilangin stress dengan rokok, mulai kurang2in apabila merokok

    12. yang gak akan menyakiti penderita eksim :

    makanan dan minuman citarasa standard & warna cenderung bening (jangan ditanya santan, pedes2 berlebihan, snack bumbu level2, bahkan produk kuning telur dan susu sapi yg ada malah bikin jerawatan, kulit stress)

    pakaian yg menyerap keringat dan rajin diganti

    suhu udara yg gak ekstrim (kalo temen kamu insist ngatain lebay, norak, sombong ga bisa kena panas dll, padahal udah kita kasih tau alasannya, tinggalin aja. gak ada mudharatnya juga ninggalin temen yg judgemental dan bikin makin stress

    kompres es batu untuk eksim wajah?? nice idea to try lho. benefit es batu utk wajah banyak juga! ;)

    teh tawar (rendaman daun teh) : jangan kepahitan ya, teh tawar itu cleanse your tummy. sekali sehari aja cukup. oolong tea juga konon ampuh utk eksim

    air putih : it hydrates and does cool your body heat down

    sekian sharing aku di blog Raisa, maaf yaaa kepanjangan hehehe semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Please leave any comment, feedback, etc here ^^ I will so much appreciate it <3 I do love comments from you, so please show me some love and tell me YOUR NAME. Have a great day! Thank you :*

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...